Bank Kalsel-OJK berikan literasi keuangan ke penyandang disabilitas

Estimated read time 2 min read

Banjarmasin (ANTARAJ) – Bank Kalimantan Selatan (KALSIL) bermitra dengan Badan Jasa Keuangan (OJK) menggelar Roadshow Sekolah Luar Biasa (SLB) Bank Kalimantan Selatan (KALSIL) di Kecamatan Panwa Inam, sebagai wujud komitmen. Untuk memberikan keterampilan keuangan kepada penyandang disabilitas. .

Direktur Utama Bank Kalsel Fakhruddin saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan dalam acara tersebut Bank Kalsel bekerja sama dengan OJK dalam memberikan bantuan keuangan dan keahlian kepada penyandang disabilitas di SLB di wilayah Banua Enam.

“Bank Kalimantan Selatan menyediakan alat tabungan, dan OJK memberikan pelatihan pengelolaan uang. Tentu saja alat yang disediakan kami sesuaikan, dan banyak gambar yang diganti agar lebih mudah dipahami oleh penyandang disabilitas,” kata Fakhruddin.

Ia mengatakan, untuk menarik simpati peserta terhadap peningkatan pendapatan dan pendidikan literasi, petugas juga melakukan beberapa permainan.

“Banyak hadiah yang ditawarkan, mulai dari donasi dari OJK hingga dana ariary sebesar 500.000 dari Bank Kalsel. Sekaligus dibuka juga rekening tabungan bagi penyandang disabilitas untuk menyelamatkan masa depan mereka,” kata Fakhruddin.

Kepala Departemen Edukasi dan Perlindungan Nasabah OJK Provinsi Kalimantan Selatan Andika Prasetya menyampaikan terima kasih kepada Bank Kalsel yang telah menyelenggarakan program kembali ke sekolah yang diberi nama BEKANTAN (Terminologi Masa Depan).

“Tahun ini OJK Provinsi Kalimantan Selatan bertujuan untuk menjaga konsistensi dan kesinambungan pelaksanaan program Kembali ke Sekolah (BEKANTAN) Bank Kalsil untuk dapat menargetkan strategi aksi dalam ‘meningkatkan literasi dan inklusi sosial khususnya bagi penyandang disabilitas,’ ‘” kata Andika, siswa SLB.

Menurut Andika, melalui program BEKANTAN dapat memberikan kesempatan kerja bagi mahasiswa penyandang disabilitas di masa depan Bank Kalsil.

Melalui kemitraan ini, siswa SLB mendapatkan hak dan kesempatan yang sama untuk belajar tentang sektor jasa keuangan dan mengakses layanan keuangan, khususnya studi tentang tabungan, tambah Andika.

“Dengan bekerja sama dengan mitra dan pemerintah daerah, kami dapat melakukan ekspansi secara besar-besaran, menjangkau masyarakat di wilayah 3T. Kami yakin dan berharap Bank Kalsil akan menjadi bank pembelajaran, dan akan terus berbenah menjadi lebih inklusif bagi semua kelompok,” kata Andika.

Parade jalanan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2024, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Menabung Indonesia yang bertajuk “Inklusi Penyandang Disabilitas”.

Acara tersebut diluncurkan pada Senin (29/7), dengan kunjungan ke Sekolah Swasta Negeri Tanjung, Kabupaten Tabalung, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sekadar informasi, roadshow dilaksanakan di SLB se-Banua Enam yang meliputi wilayah Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Tapin, dan Hulu Sungai (HSU).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours