Toyota Kembangkan Mesin 2000cc Terkuat di Dunia?

Estimated read time 2 min read

TOKYO — Toyota sedang giat mengembangkan mesin bensin untuk versi balapnya tanpa menggunakan motor listrik.

Untuk versi jalan raya, situs ini memastikan mesin 2.000 cc ini mampu menghasilkan tenaga 395 tenaga kuda dan torsi 550 Nm. Versi bawahnya mampu menghasilkan tenaga hingga 296 tenaga kuda dan torsi 400 Nm.

Menurut situs Best Car, mesin dalam trim racing ini mampu menghasilkan tenaga 300 hp per 1.000 cc dan bukan merupakan mesin yang akan diproduksi untuk dijual ke publik. Besar kemungkinan mesin ini akan digunakan untuk balapan mobil biasa atau reli divisi Toyota Gazoo Racing.

Menawarkan 2 varian mesin, bisa ditawarkan pada mobil sport bermesin menengah seperti MR2 yang akan ditawarkan dalam varian bensin dan listrik. Sumber tersebut juga membenarkan bahwa varian GRMN akan didampingi oleh varian GR-Four 4WD yang merupakan sistem penggerak semua roda yang ditujukan untuk para pembalap reli.

Perpaduan mesin dan sistem GR-Four 4WD ini juga dapat digunakan pada Toyota Celica yang merupakan mobil sport 2 pintu.

Mesin ini akan dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi, baik transmisi manual 6 percepatan maupun transmisi otomatis 8 percepatan yang keduanya ditawarkan GR Yaris.

Sumber ini didasarkan pada pengumuman resmi Toyota pada Mei 2024 bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Subaru dan Mazda untuk mengembangkan mesin pembakaran generasi baru untuk penggunaan di masa depan.

Meski belum ada spesifikasi teknis yang diungkapkan oleh aliansi tersebut, mesin baru tersebut dinilai sangat efisien, bertenaga, dapat dipadukan dengan sistem hybrid, dan bekerja dengan berbagai sumber bahan bakar.

Tujuan awal Toyota adalah mesin turbo 2000cc ini akan melampaui mesin turbo 2400cc dalam hal tenaga, lebih kompak dan lebih hemat energi. Mesin ini juga dapat memenuhi berbagai peraturan polusi udara untuk pasar di seluruh dunia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours