Bisa Apa Lulusan Teknik Energi Terbarukan? Ini 10 Prospek Kerja Menantang Alumninya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berikut 10 prospek kerja menantang spesialis teknik energi terbarukan yang patut Anda ketahui. Pernahkah Anda mendengar jurusan Teknik Energi Terbarukan? Keistimewaan teknik energi terbarukan merupakan ilmu yang mempelajari energi yang berasal dari sumber daya alam (SDA) dan energi yang dapat diperbaharui secara berkelanjutan.

Energi terbarukan dapat berasal dari pembangkit listrik tenaga air, angin, panas bumi, matahari, dan biomassa yang dapat kita andalkan untuk masa depan umat manusia. Di mana lulusan jurusan ini bisa bekerja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya.

10 Prospek Kerja Insinyur Energi Terbarukan

1. Insinyur energi

Pekerjaan pertama lulusan teknik energi terbarukan adalah menjadi insinyur di perusahaan swasta terbesar. Insinyur listrik bertanggung jawab untuk menghitung kebutuhan industri, operasi, pemrograman, penerapan kontrol, dan banyak lagi.

2. Personil Min

Pilihan lainnya adalah menjadi kementerian khususnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM. Staf Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral mempunyai tanggung jawab untuk memantau energi yang tersedia serta mengembangkan sumber energi terbarukan untuk digunakan oleh masyarakat luas.

3. Manajer proyek

Di Indonesia tentunya banyak proyek yang dilaksanakan di bidang energi. Sebagai lulusan energi, Anda pasti mempunyai peluang besar untuk menjadi manajer proyek. Tugas manajer proyek adalah mengatur pekerjaan dan memastikan proyek berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

4. Konsultan energi

Karir lain yang bisa dipilih oleh lulusan teknik energi terbarukan adalah menjadi konsultan energi. Tugasnya adalah membuat rencana dan desain sesuai dengan lingkup pekerjaan yang dibutuhkan agar proyek dapat berjalan dengan lancar.

5. Kontraktor

Kemudian Anda bisa menjadi kontraktor di berbagai perusahaan kontraktor terkait energi ternama di Indonesia. Tugas utama seorang kontraktor adalah bertanggung jawab atas sarana dan metode pelaksanaan proyek konstruksi yang berhasil, mulai dari pembelian barang atau bahan hingga pekerjaan.

6. Peneliti ketenagalistrikan

Lulusan kemudian juga dapat menjadi ilmuwan kelistrikan yang bertugas melakukan penelitian dan juga mengembangkan pengetahuan tentang kelistrikan.

7. Ahli teknik energi

Langkah selanjutnya adalah menjadi spesialis di bidang teknik energi, yang tujuannya adalah merancang, mengembangkan dan mengevaluasi semua proyek terkait energi yang bertujuan untuk menghemat biaya energi dan kemungkinan meningkatkan efisiensi energi.

8. Manajer Daya

Di zaman sekarang ini, lulusan insinyur energi terbarukan dibutuhkan untuk mengisi posisi manajer energi. Tugas utamanya adalah melakukan analisis, menyusun rencana dan menerapkan strategi untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan mencapai efisiensi.

9. Pengontrol energi

Posisi pengontrol energi juga bisa menjadi pilihan tepat bagi lulusan teknik energi terbarukan. Auditor energi berperan penting dalam mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat energi melalui proses penilaian.

10. Pengusaha energi terbarukan

Lulusan teknik energi terbarukan juga berpeluang menjadi wirausaha di bidang energi terbarukan. Dengan semakin banyaknya pelaku industri di bidang energi terbarukan, maka akan semakin cepat tercapainya ekonomi hijau di Indonesia. Selain itu, banyaknya pengusaha energi terbarukan tentunya akan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Mengapa energi terbarukan penting?

• Sudah bukan rahasia lagi bahwa energi yang berasal dari sumber daya alam yang tidak terbarukan kini semakin menipis dan tidak lagi ramah lingkungan.

• Jurusan teknik energi terbarukan ini akan memberikan ilmu bagi Anda yang tertarik mengembangkan teknologi untuk dunia yang lebih hijau di masa depan.

• Selain itu, jika Anda tertarik pada bidang kimia, biologi, dan fisika, maka Rekayasa Energi Terbarukan mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

• Prospek kerja bagi lulusan Departemen Teknik Energi Terbarukan cukup baik dan luas.

• Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pencarian sumber energi ramah lingkungan pun semakin meningkat.

Program studi di Departemen Teknik Energi Terbarukan

1. Ekonomi Teknik

2. Matematika dasar

3. Matematika teknik

4. Mekanika instrumen

5. Prinsip dasar elektronika

6. Termodinamika dasar

7. Mekanika fluida

8. Pengelolaan dan pengendalian energi

9. Pengenalan sumber energi terbarukan

10. Proses bahan bakar dan pembakaran

11. Termodinamika mekanik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours