Pagelaran Maha Wasundari Buka Festival Indonesia Bertutur Kemendikbudristek 2024

Estimated read time 3 min read

BALI – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kmendikbudristek) membuka Mega Festival Indonesia Bartutur (Intur) 2024 dengan penampilan Maha Wasundari yang diisi berbagai kesenian dan tarian Bali. Pembukaan festival dilaksanakan di Lapangan Chandra Muka Batubulan. , Janjara, Bali pada Rabu (7/8/2024).

Maha Vasundari sendiri diketahui merujuk pada kemegahan air dan bumi yang menghidupi manusia. Acara tersebut menghadirkan tiga genre tari Bali yang diakui sebagai Warisan Budaya Dunia yaitu Wali, Bebali dan Balih-Balihan dalam medium seni terkini dalam suasana meriah.

Baca Juga: Penghargaan Desa Budaya, Nadeem Berharap Bisa Menginspirasi Desa Lain

“Penampilan Maha Wasundari pada kesempatan ini mengingatkan kita semua sebagai masyarakat untuk menghargai budaya dan keanekaragaman hayati karena itu adalah kekuatan Indonesia. Direktur Jenderal (Dirgen) Hilmar Farid dari Departemen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan: “Jika dua hal ini semuanya digabungkan, maka kita dapat mengatakan, bahwa kita memiliki masa depan yang cerah.”

Pada saat yang sama, Lapangan Chandra Muka, Batubulan, Lima Tempat Wisata di Ubud, Museum dan Resort Arma, Rumah Boneka dan Topeng Setia Dharma, Galeri Seni Tonirka, Museum Seni Neka dan Museum Puri Tika juga resmi dibuka dan dikunjungi. Masyarakat dengan rangkaian kegiatan yang berbeda disiapkan.

“Inti dari Bartutur Indonesia adalah semangat membangun masa depan, mengembangkan strategi keberlanjutan budaya, menciptakan karya di bidang seni dan budaya. “Semoga karya-karya yang dipilih dan dipersembahkan kepada masyarakat umum dapat menginspirasi orang lain untuk hidup harmonis dengan alam dan Sang Pencipta,” kata Melati Suryadarmo, direktur artistik Bartutur Indonesia.

Wisatawan domestik dan mancanegara asal Bartutu, Indonesia dapat mengunjungi Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua di tiga lokasi selama 12 hari mulai tanggal 7 hingga 18 Agustus 2024.

Selepas itu, Ahmed Mahendra, Direktur Jenderal Perfilman, Musik dan Media Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, segala persiapan Indonesia Bartutur telah dilakukan secara maksimal sehingga berbagai pertunjukan seni dan budaya dikemas secara menarik. bisa dilihat bersama.

Baca Juga: 5 Pelaku Kebudayaan Terima Penghargaan Kebudayaan Kemendikbud, 5 Pelaku Kebudayaan Terima Penghargaan Kebudayaan Kemendikbud

“Pelaksanaan Bartutur Indonesia 2024 diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi para pelaku seni budaya serta masyarakat sekitar dan sukses hingga penutupan pada 18 Agustus nanti,” kata Mahendra.

Sebagai informasi, venue Indonesia Bertutur 2024 hanya bisa diakses oleh masyarakat umum dengan melakukan registrasi di website resmi Indonesia Bertutur 2024 https://indonesiabertutur.kemdikbud.go.id/.

Setelah registrasi, setiap orang akan mendapatkan tiket digital berupa kode QR yang akan dikirimkan ke emailnya

Yang dipanggil saat pendaftaran atau melalui halaman “Tiket Saya” di akun situs web.

Seluruh program Indonesia Bartutur 2024 terdiri dari 9 program utama yaitu Maha Wasundari – Upacara Pembukaan dan Pertunjukan, Visarloka, Kathanaya, Layarambh, Ekayana, Samaya Shastra, Anarta, Kiranamaya dan Virama.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours