Penyebab Sensor Injeksi Motor Rusak, Periksa 4 Komponen Ini!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Penyebab sensor injeksi sepeda motor rusak, ternyata ini penyebabnya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan masalah ini.

Masalah lampu indikator tetap menyala merupakan salah satu tanda kerusakan yang perlu diwaspadai. Kurangnya perawatan bisa menjadi salah satu masalahnya.

Seperti yang anda ketahui, lampu indikator sepeda motor merupakan salah satu perlengkapan sepeda motor yang terdapat pada dashboard speedometer. Lampu ini sangat berguna dalam mendeteksi kerusakan pada sepeda motor.

Dalam kondisi normal, lampu indikator akan menyala selama tiga detik saat mesin sepeda motor dihidupkan. Namun jika lampu tetap menyala, bisa jadi terjadi kerusakan pada mesin injeksi sepeda motor. Kerusakan tersebut bisa berupa baterai, sensor yang tidak dapat terbaca oleh ECU, ECU yang rusak, kabel speedometer yang putus, atau yang lainnya.

Berikut penyebab sensor indikator injeksi mesin rusak 1. Masalah Pulser atau pickup coil merupakan komponen yang berfungsi untuk menentukan waktu pengapian pada CDI atau ECU SCR, kemudian memerintahkan SCR membuka kapasitor dan melakukan pelepasan. dia. Jika kondisi pulser lemah biasanya akan menyebabkan sepeda motor mogok seperti kehabisan bensin dan sering mogok.

2. Masalah sensor posisi throttle (TPS).

Throttle position merupakan sensor yang fungsinya membaca jumlah gas yang terbuka dan memberikan sinyal tersebut ke ECU. Jika ada kerusakan, gejalanya antara lain mesin menjadi kasar atau bahkan tidak bisa idle.

Hal ini biasanya juga menyebabkan lampu indikator menyala. Jika tidak ditangani, TPS yang rusak akan menyebabkan sepeda motor menjadi kurang responsif.

3. ECU Sepeda Motor Bermasalah ECU merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah sepeda motor. Pasalnya di dalam ECU seluruh fungsi mesin injeksi dikontrol. Sebut saja mode berkendara, bukaan throttle, dan campuran udara. Jika terjadi kerusakan pada ECU, kemungkinan besar akan merusak seluruh sistem mesin sepeda motor yang berinjeksi.4. Masalah filter udara

Fungsi filter udara pada sepeda motor adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar agar tidak bercampur dengan partikel kotoran dan debu.

Jika kondisi filter udara kotor maka akan menyebabkan bahan bakar sepeda motor menjadi berat dan tidak stabil. Selain itu, sepeda motor akan berhenti tiba-tiba atau mogok jika filter udara masih digunakan dalam keadaan kotor. Jika masalah ini terjadi, lampu indikator juga akan menyala.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours