Disdik DKI upayakan 2.650 guru honorer punya peluang berstatus KKI

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Kementerian Pendidikan DKI menginginkan 2.650 guru terhormat mendapat status Kontrak Kerja Perseorangan (KKI) sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di sekolah-sekolah di Jakarta. “Data kami, DKI Jakarta memiliki 2.650 guru terhormat, kami berharap semuanya bisa bergabung di KKI,” kata Kepala Operasional Dinas Pendidikan DKI Budi Awaluddin, Senin, saat ditemui di gedung PKK Melati Jaya, Jakarta Selatan.

Budi mengatakan tenaga pengajar yang ada sekitar 1.400 orang meliputi tenaga administrasi, petugas kebersihan, dan petugas keamanan.

Ia berpendapat, untuk menambah jumlah pendaftaran, 1.700 orang pertama dari pendaftaran 1.700 orang akan mendaftarkan guru yang mendapat kehormatan atas komitmen peningkatan mutu pendidikan.

Oleh karena itu, pihaknya sedang mengkaji pertemuan dengan DPRD DKI untuk mengangkat pekerja terhormat di KKI.

“Iya ada penambahan, ini akan kita bahas lagi dengan DPRD dan kita berharap ada perubahan pada APBD,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya berupaya agar jumlah 1.700 orang terdaftar dalam Kontrak Kerja Perorangan (KKI) pada Agustus 2024 bagi guru-guru terhormat.

Mudah-mudahan tepat waktu, kira-kira seperti itu, ujarnya. Dengan begitu, Pemprov DKI memenuhi hak sekitar 4.000 guru terhormat di Jakarta saat ini. Sebelumnya, Dinas Pendidikan berencana membuka jumlah guru terdaftar kontrak kerja (KKI) sebanyak 1.700 orang pada Agustus 2024. Padahal, saat ini jumlah guru terhormat di Jakarta sebanyak 4.127 orang. Sisanya sebanyak 2.427 orang diminta mendaftar menjadi pegawai pemerintah dengan total 1.900 orang berdasarkan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mereka bersaing dengan guru-guru dari seluruh Indonesia. Setelah itu, sisanya diminta bersiap untuk mendaftar tahun depan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2024 Total Rp 81,71 Triliun Semua guru terhormat bisa diangkat menjadi guru berkualifikasi KKI. Baca Juga: Anggota DPR Sebut Dana DKI Bisa Angkat 4.100 Guru Terhormat Jadi KKI Baca Juga: Banyak Pensiunan Kepala Sekolah Angkat Guru Terhormat Baca Juga: KPU Minta 4.000 Guru Terhormat DKI Jadi KKI.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours