Pemimpin Sejumlah Negara Dukung Aset Kripto, Bagaimana dengan Indonesia?

Estimated read time 2 min read

JACARTA – Banyak pemimpin dunia yang menunjukkan dukungan kuat terhadap aset digital, khususnya kripto. Presiden El Salvador, Nayib Bukele, membuat sejarah dengan membuat alat pembayaran Bitcoin yang sah di negaranya pada tahun 2021.

Langkah ini menjadikan El Salvador sebagai pionir penggunaan cryptocurrency oleh suatu negara. Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, awalnya skeptis terhadap aset kripto, namun di akhir masa jabatannya, ia menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap aset digital.

Sementara itu, Joe Biden dalam kampanyenya telah menjangkau komunitas kripto, bahkan sebelum tahun 2021 ia mengatakan bahwa kripto adalah hal yang buruk. Melihat dukungan dari tokoh-tokoh penting industri kripto, Oscar Darmawan, CEO Indodax, mengatakan bahwa dukungan ini secara positif mendorong pertumbuhan pasar kripto global.

Dia menekankan pentingnya menjaga keseimbangan dan perubahan rutin untuk memastikan stabilitas dan keamanan ekosistem kripto bagi pengguna dan investor.

“Peran presiden dalam membuat kebijakan terkait aset digital sangat penting. Mereka banyak berpengaruh dalam menentukan kebijakan pemerintah di pasar kripto yang akan datang dan mempengaruhi penggunaan kripto di dalam negeri dan dunia. kata Oscar dalam sambutannya, Sabtu (8/6/2024).

Presiden Argentina, Javier Milei, yang ditunjuk sebagai kepala bank sentral, melihat Bitcoin sebagai kunci untuk menyelamatkan perekonomian Argentina setelah krisis kenaikan nilai mata uang peso sebesar 140%.

Di sisi lain, meskipun India mengalami kesulitan dalam mengelola kripto, Perdana Menteri India Narendra Modi telah menunjukkan minat untuk memahami potensi teknologi blockchain dan kripto, dan berniat untuk lebih terbuka terhadap bisnis tersebut.

Oscar mengatakan, dukungan presiden dan para dermawan yang mendukung kripto-kripto merupakan pertanda baik tumbuhnya ekosistem kripto di negaranya. “Di Indonesia, pada tahun depan kripto akan diatur oleh OJK, hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung dan mengelola ekosistem kripto di Indonesia,” ujarnya.

Kehadiran presiden yang pro-kripto tidak hanya akan mendorong pertumbuhan pasar kripto di negara mereka, tetapi juga akan memberikan energi dunia dimana kripto berhak untuk menjadi bagiannya di masa depan.

“Dukungan para pemimpin ini dapat membawa perubahan positif pada mata uang kripto dan hukum di tingkat nasional dan internasional,” kata Oscar.

Di Indonesia, dukungan terhadap industri kripto juga diberikan oleh Bappebti yang memantau mata uang kripto dan platform Indodax yang mengedepankan membaca dan belajar bekerja di dunia kripto. Konsep kripto juga menyentuh kampanye Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden Indonesia. Ia menekankan pentingnya mempersiapkan generasi muda yang ahli di bidang AI, blockchain, kripto, dan robotika.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours