KJRI Cape Town berharap WNI berkontribusi sesuai peran masing-masing

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Tudiono KJRI Cape Town berharap warga negara India di Cape Town, Afrika Selatan mendapat kesempatan untuk mencapai kemandirian sesuai dengan kiprahnya di bidangnya untuk membangun dan mengembangkan bangsa Indonesia.

Tudiono dalam keterangan tertulis dari KJRI Cape Town yang diterimanya di Jakarta, Selasa, mengatakan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia penuh dengan perjuangan dan pengorbanan yang panjang.

Ia mengenang, Syekh Yusuf Al Makassar, salah satu pejuang Indonesia yang diasingkan ke Cape Town karena berperang melawan penjajah pada tahun 1694, juga menghidupkan kembali perjuangan rakyat Afrika Selatan.

Oleh karena itu, pada tahun 2005, Presiden Afrika Selatan Oliver Reginald Tambo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional Afrika Selatan kepada Syekh Yusif.

Lebih lanjut, Tudiono mengatakan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia akan meriah karena ibu kota Indonesia akan mulai berpindah dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN).

Tudiono menilai migrasi modal merupakan kelanjutan peran Indonesia sebagai negara adidaya.

Pemimpin Umum Indonesia juga meyakini Indonesia Emas dapat diimplementasikan di ibu kota baru Indonesia dengan model pemikiran dan metode bisnis yang baru.

Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) Cape Town merayakan HUT RI ke-79 pada Sabtu (17/8) di Wisma House KJRI Cape Town.

KJRI menyampaikan, karena cuaca dingin dan hujan serta angin kencang pada siang hari, rangkaian acara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 digelar di dalam ruangan.

Meski dilakukan di dalam ruangan, KJRI menyatakan serangkaian acara tetap berlangsung, mulai dari festival, parade, hingga kompetisi.

Beberapa lomba yang diadakan adalah lomba memasak untuk mempromosikan kuliner khas Indonesia, serta lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak.

Selain itu, perayaan HUT RI ke-79 juga turut dirayakan oleh delegasi Panglima India di Cape Town.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours