Jangan Salah! Ini 2 Perbedaan Gelar Master dan Magister untuk Jenjang S2

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Inilah dua perbedaan gelar sarjana dan magister di jenjang magister yang perlu Anda ketahui. Studi pascasarjana pada jenjang Magister (S2) sering disebut dengan gelar Magister dan Magister. Ternyata ada banyak perbedaan antara gelar sarjana dan magister untuk studi lebih lanjut di program magister (S2). Artikel ini membahas hal itu, check it out!

Perbedaan Antara Gelar Sarjana dan Magister

1. Gunakan di kampus

Perbedaan antara gelar sarjana dan magister terletak pada penggunaannya di kampus Istilah magister biasanya digunakan oleh lulusan kampus luar negeri atau kampus yang menggunakan kurikulum internasional.

Sedangkan gelar sarjana banyak digunakan oleh kampus-kampus dalam negeri Misalnya saja di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Master membutuhkan waktu satu hingga tiga tahun Dalam hal SKS, standar sistem pendidikan tinggi Eropa menyatakan bahwa mahasiswa harus memiliki 90-120 SKS atau sks.

Nama lainnya adalah Sistem Transfer dan Akumulasi Kredit Eropa (ECTS). Sedangkan program magister di Inggris membutuhkan 180 SKS untuk diselesaikan dan di Amerika membutuhkan 36 hingga 54 SKS.

Di Indonesia, rata-rata mahasiswa menyelesaikan 30 hingga 60 SKS Durasi spesifiknya tergantung pada mata pelajaran, negara tempat Anda belajar, dan jenis gelar master yang dipilih

Siswa yang mengejar gelar master harus memiliki pengetahuan lanjutan tentang mata pelajaran teoretis dan terapan khusus Keterampilan dan teknik tingkat lanjut yang terkait dengan bidang studi pilihan mereka

2. Berbagai gelar Master atau Magister

Perbedaan antara master dan master lainnya adalah jika seorang siswa memperoleh gelar master di luar negeri, gelar Anda akan dikaitkan dengan nama bidang studinya. Misalnya seperti ini:

MBA: Magister Administrasi Bisnis

MA: Magister Seni

M.Ed: Guru Pendidikan

M.Sc: Magister Sains

LL.M: Magister Hukum

MCS: Magister Ilmu Komputer

M.Eng: Magister Teknik

MIFIL: Magister Filsafat

Sedangkan di kampus asal, gelar Anda dapat ditempuh pada program studi atau bidang studi yang dipilih

Berikut ini adalah gelar Master di Indonesia:

Imam: M.A.G.

Magister Kehutanan : M.

Magister Manajemen: M.Sc.

Magister Kesehatan: M.Sc. Kasus

Magister Teknik: M.T.

Magister Komputer : M. Bersama

Magister Komunikasi : M.I.Kom

Manfaat Gelar Master

Gelar sarjana atau master tidak diperlukan Namun jika Anda memiliki banyak tujuan berikut ini, manfaat mengejar pendidikan pascasarjana mungkin bisa menjadi pilihan Anda:

1. Mendapatkan posisi baru di perusahaan Banyak perusahaan atau instansi pemerintah yang menawarkan posisi yang hanya dapat diisi oleh karyawan dengan gelar master. Jadi, untuk karier yang cemerlang, tidak ada salahnya mencoba meraih gelar master

2. Melanjutkan studi doktoral

Bagi mahasiswa yang memiliki minat pada bidang tertentu dan ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang tertentu, studi pascasarjana dapat menjadi batu loncatan menuju studi doktoral Anda.

Faktanya, banyak universitas dalam dan luar negeri yang menawarkan jalur cepat menuju gelar doktor segera setelah menyelesaikan gelar master.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours