Indonesia juara Piala AFF U-19 setelah tumbangkan Thailand

Estimated read time 3 min read

Surabaya (Antara) – Tim nasional Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN Men’s Youth Championship U-19 setelah mengalahkan Thailand U-19 1-0 melalui gol Jens Raven (17′) di Gelora Stadion Bung Tomo, Surabaya, Senin.

Ini merupakan kejuaraan Piala AFF U-19 yang kedua bagi Indonesia. Terakhir kali meraih gelar tersebut adalah 11 tahun lalu pada tahun 2013 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Kedua tim berduel di 10 menit pertama, setelah itu Indonesia mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-13 lewat gol Aryayah Abdulmanan, sayang bola masuk ke gawang lemah diblok oleh bek lawan

Thailand membalas beberapa menit kemudian dan membuka skor setelah tembakan Thanawut Fokai dibelokkan membentur tiang.

Hingga saat ini, senjata rahasia Indonesia adalah strategi bola mati mereka. Gadek Arel menyundul umpan sepak pojok Muhammad Kafiatour pada menit ke-17.

Jens Raven kemudian mengejar Kadek. yang mencetak gol keempat turnamen tersebut untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Pada menit ke-28, Indonesia mendapat ruang untuk menembak melalui tembakan solo Raven. Sayangnya tembakan striker 1,89m itu masih meningkat.

Pada menit ke-36, pasukan Emerson Pereira mendapat peluang menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas. Namun, Piyawat Petra yang mampu menerobos pagar pembatas masih bisa hidup. Sebaliknya, dia dicegah agar tidak mati di tiang gawang.

Di penghujung babak pertama, giliran Garuda Muda yang mendapat kesempatan sama. Namun, Tony Fermaniah yang menggantikan Kafiatour yang cedera masih lamban melakukan eksekusi. Hal ini memungkinkan kiper Thailand Kittipong Bunma dengan mudah mengamankannya.

Babak pertama berakhir dengan skor 1:0 untuk keunggulan Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali kehilangan pemainnya karena cedera dan Welber Jardim menggantikan Figo Dennis.

Thailand hanya punya sedikit peluang di 25 menit pertama, namun beruntung gawang Ikram Al-Ghiffari tidak terancam.

Pada menit ke-71, Raven dan Muhammad Mufli Hidayat tak mampu melanjutkan pertandingan dan digantikan oleh Arhan Kaka dan Mufdi Iskandar serta dua pemain lainnya harus ditarik keluar karena cedera.

Kehilangan banyak pemain Ini memperlambat permainan Indonesia. Sebaliknya Thailand terus mendominasi permainan dan mengincar gol penyeimbang.

Namun upaya Negeri Gajah Putih itu masih belum cukup. karena gagal menembus pertahanan kuat Indonesia. Memimpin dengan satu gol hingga peluit akhir dibunyikan.

Indonesia menggagalkan upaya Thailand untuk memenangkan Piala AFF U-19 keenam bersama Evan Dimas and Friends pada tahun 2013 untuk mengklaim gelar kedua mereka sejak 2013.

Susunan kedua tim adalah sebagai berikut:

Indonesia U-19: Ikram Al-Jiffari, Kadek Arel, Muhammad Al-Farezzi Buffon, Iqbal Gwijange, Afrizal Risky, Ah Rlienshah Abdulmanan, Jens Raven, Muhammad Kafiatour, Welber Jardim, Doni Tri Pamunkas (cadangan), Muhammad Mufli Hidayah

Pelatih: Indra Chafri

Thailand U-19 : Kittipong Bunmak (tengah), Pikanet Laohawiwat, Jesadapat Huanthanom, Sing Marasa, Thanawut Phokhai, Krailan Thanadon Ryan, Thanakrit Chotimuangphak, Sirada Nai Fosri, Piyawat Petra, Phakhawat Tangkongak,

Pelatih: Emerson Pereira da Silva

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours