Kampus dan Jurusan Veddriq Leonardo, Peraih Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Veddriq Leonardo merupakan atlet yang sedang naik daun peraih medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade Paris 2024: Kado HUT RI ke-79

Kekhawatiran Hari Raya Indonesia akhirnya sirna di Paris Games 2024 saat pendaki gunung Veddriq Leonardo mengalahkan Wu Peng dari China pada pendakian gunung terakhir di ajang olahraga terbesar dunia itu, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Reaksi Ibu Usai Veddriq Leonardo Cetak Sejarah Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Di game terakhir, Veddriq tampil sebagai Spiderman. Ia mampu merangkak dengan kecepatan tinggi dan berhasil mencatatkan waktu 4,75 detik. Emas pertama diraih untuk Indonesia.

Foto/NOC Indonesia.

Atlet berusia 27 tahun ini dikenal sebagai anak yang sangat ambisius dan memiliki opini yang kuat. Ibunya Rosita mengungkapkan, putranya tetap bekerja keras meski rumahnya di Pontianak penuh asap.

Baca juga: Sejarah! Veddriq Leonardo meraih emas Panjat Tebing di Olimpiade Paris 2024

“Kalau katanya A, maka A. Dan setiap hari, bahkan setelah kebakaran hutan di Kalimantan, ia masih mencari makan di bawah asap yang memenuhi langit,” kata Rosita.

Kuliah di Untan Jurusan PGSD

Veddriq pun mengaku senang bisa memberikan medali emas kepada Indonesia. Dikatakannya, emas ini merupakan cerminan kerja keras, usaha, dedikasi para staf pelatih, pemain, sahabat dan keluarga yang telah memberikan doa dan dukungannya.

Baca selengkapnya: Profil Veddriq Leonardo, calon peraih medali emas yang gemar bermain Bulu Tangkis

“Ini juga menjadi kado bagi Indonesia di hari ulang tahunnya yang ke 79. Saya bersyukur atas keberhasilan ini dan saya turut berbahagia atas keberhasilan ini,” ujarnya usai pertandingan.

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa Veddriq, calon peraih medali emas yang awalnya tertarik bermain bulu tangkis, ternyata adalah seorang pustakawan sekolah negeri di Pontianak.

Foto/EPA-EFE/ALEX PLAVVSKI

Veddriq tercatat sebagai lulusan Universitas Tanjungpura (Untan). Beliau menempuh pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada Kelas Kepelatihan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun 2014.

Proses penyelesaian Kejuaraan Veddriq LeonardoAsia

Medali Emas – 2019 Bogor (Kecepatan)

Medali Perak – Bogor 2019 (Relay Cepat)

Medali Perak – Seoul 2022 (Kecepatan)

Pertandingan Asia

Medali Emas – 2018 Jakarta-Palembang (Kecepatan)

Medali Perak – Hangzhou 2022 (Kecepatan)

Medali Perunggu – Kejuaraan Dunia Hangzhou (Kecepatan) 2022 (Waktu)

Penghargaan Emas – 2021

Penghargaan Emas – 2022

Penghargaan Emas – 2023

Olahraga dunia

Medali Emas – Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022

Medali Perak – 2018 (Rusia)

Medali Emas – 2021 (Amerika Serikat)

Medali Emas – 2021 (Swiss)

Medali Emas – 2022 (Korea Selatan)

Medali Perunggu – 2022 (Amerika Serikat)

Medali Emas – 2022 (Amerika Serikat)

Medali Emas – 2023 (Korea Selatan)

Medali Emas – 2023 (Amerika Serikat)

Profil Untan

Universitas Tanjungpura (Untan) adalah sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat.

Akreditasi Untan sebagai Sertifikat Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) saat ini berdasarkan 462/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/IV/2024 dan berlaku hingga tahun 2029.

Untan saat ini mempunyai sembilan fakultas termasuk program pascasarjana. Fakultas tersebut adalah Fakultas Hukum, Ekonomi dan Perdagangan, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kedokteran.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours