Megawati Soekarnoputri Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Ada Apa?

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Jenderal PDIP Megawati Soekarnoputri tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR dan DPR serta DPD hari ini. Bahkan, Megawati dikabarkan akan menghadiri Sidang Tahunan tersebut.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 07.00 WIB, Megawati tak terlihat mendatangi Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024) pagi.

Putri tunggalnya adalah Presiden DPR RI Puan Maharani dan kader PDI Perjuangan yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas.

Begitu pula di ruang sidang, Megawati juga tak terlihat. Dalam daftar pejabat tinggi tersebut, hanya Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno yang terlihat.

Politikus PDIP Aria Bima mengaku belum mengetahui ketidakhadiran Megawati. “Entah dia berangkat atau tidak. Bagi saya, kalau Ibu sehat, dengan badan sehat pasti berangkat,” kata Aria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16). /8/2024).

Aria mengaku mengetahui Megawati ada di Jakarta. Namun, dia tidak menjelaskan Megawati tidak terlihat di Kompleks Parlemen. “Saya kurang paham, yang saya tahu di Jakarta,” kata Aria.

Di sisi lain, ia menyinggung situasi politik yang menjadi kekhawatiran Megawati. Bagi Megawati, lanjut Aria, proses demokrasi mulai mengalami kemunduran.

“Permasalahan politik ini merupakan keprihatinan Ibu Mega selaku Ketua Umum Partai terhadap proses pembangunan kita dalam kehidupan demokrasi yang dianggap terbelakang. Ini merupakan permasalahan yang tentunya subordinat dari berbagai hal yang berkaitan dengan visi negara kita, “ucap Aria. .

Sebelumnya, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya mengikuti Sidang Tahunan MPR bersama DPR RI dan DPD RI. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. Mantan Presiden yang hadir adalah Megawati, hadir, kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Sementara itu, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menegaskan tidak ikut serta. SBY berada di Pacitan untuk menghadiri acara syukuran Museum SBY-Ani Yudhoyono.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours