KBRI Canberra beri penghargaan sekolah berbahasa Indonesia di HUT RI

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia menyerahkan penghargaan kepada sekolah bahasa Indonesia Scottshead Public School dalam rangka memperingati 79 tahun berdirinya Negara Republik Indonesia (HUT RI). Canberra, Sabtu (waktu setempat).

Penghargaan tersebut diserahkan pada perayaan HUT RI yang digelar di KBRI Canberra dan dihadiri oleh pelajar dan mahasiswa serta 350 WNI di Canberra, demikian siaran pers yang diperoleh Antara di Jakarta, Senin. Guru dari berbagai sekolah di Australia dan akademisi dari universitas di kota tersebut berpartisipasi.

KBRI memberikan penghargaan kepada Scottshead Public School di New South Wales atas perannya dalam menjaga dan mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah.

Bahasa Indonesia tidak hanya diajarkan sebagai mata pelajaran tetapi juga digunakan sehari-hari di sekolah.

Penghargaan Scottshead Public School diserahkan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Siswo Pramono.

Dubes Siswer menyampaikan terima kasih kepada Scottshead Public School yang telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Dubes Siswer mengatakan Scottshead telah memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan Indonesia dan Australia dengan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah Scotts Head School Annette Balfour juga mengungkapkan rasa terima kasihnya.

“Saya terharu bisa menghadiri upacara di KBRI Canberra dan menerima penghargaan dari pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Arnett menambahkan, sangat penting untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada siswa Australia sejak usia dini. Karena pelajar Australia bisa belajar banyak tentang Indonesia dengan menguasai bahasa Indonesia.

“Kami berterima kasih atas bantuan KBRI Canberra. Kami semakin berupaya keras untuk memasyarakatkan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah.”

Sementara itu, Kantor Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra (Atodic Budd) menyebutkan tiga sekolah di Melbourne, tiga di Canberra, dan satu di New South Wales mengirimkan guru dan siswanya pada tahun ini. Pada tanggal 9, upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-20 dilaksanakan di KBRI Canberra.

Selain mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 berdirinya Republik Indonesia, para pelajar, guru, dan cendekiawan juga diberikan kesempatan untuk menikmati Nasi Tunpen dan masakan Indonesia lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours