Sejumlah Pihak Kolaborasi Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) setiap tanggal 5 Juni diperingati oleh sejumlah kalangan dengan menggelar kegiatan Beach Clean-up. Acara tersebut diadakan di Desa Teluk, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada hari Jumat tanggal 7 Juni 2024.

Inisiatif ini merupakan rangkaian peringatan HLH yang dimulai pada tanggal 5 Mei 2024 hingga 5 Juli 2024 dan merupakan kerjasama sektor yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dunia usaha, Pemerintah Provinsi Banten, – Pemkab Pandeglang, TNI, masyarakat dan generasi muda.

Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam sambutannya mengatakan permasalahan sampah terbesar di Pantai Labuan berasal dari darat dan laut. Tempat pembuangan sampah terjadi karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah. Saat ini sumber lautnya berasal dari gelombang dan tsunami tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata Bupati Irna Narulita, tidak tinggal diam dan telah mengambil tindakan korektif dengan menerapkan tindak pidana sederhana (Tipiring) dengan melakukan pembalasan terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Pemkab Pandeglang mempunyai program Selasa Bersih yang melibatkan masyarakat dalam pelayanan publik untuk membersihkan lingkungan dan sistem pengelolaan sampah plastik di tempat sampah yang mampu menghasilkan briket sampah 5-6 ton per bulan. Omsetnya mencapai 6 miliar. dijual ke PT PLN Banten Labuan sebagai alternatif pengganti batu bara,” kata Irna Narulita dalam siaran pers, Minggu (9/6/2024).

Inisiatif bersih pantai merupakan program edukasi dan kampanye pelestarian pantai kepada masyarakat. Aksi ini melibatkan 576 peserta dan dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Banten dan Bupati Pandeglang. Kehadiran mereka bertujuan untuk mengajak masyarakat setempat menjaga kebersihan laut dan selalu mengelola sampah.

Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direksi pada unit kerja Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, dalam interaksinya dengan peserta menyampaikan edukasi bahwa aksi pembersihan laut sejalan dengan slogan HLH 2024, yaitu Tanah Kita, Masa Depan Kita atau Tanah Kita, Masa Depan Kita.

Slogan ini mengajak semua pihak termasuk warga Pantai Labuan untuk menjaga garis pantai dari sampah sehingga memberikan manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan, karena kawasan Pantai Labuan akan dijadikan sebagai pusatnya. untuk wisata pengolahan ikan dan memasak makanan laut.

Selain untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai, dilakukan pula penanaman simbolis 30 pohon Pinus Laut dan Ketapang untuk menjaga keteduhan dan kenyamanan Pantai Labuan. Aksi bersih-bersih Pantai Labuan mendapat dukungan dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang berkomitmen memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk mengelola pantai, khususnya Pantai Labuan yang berada di sekitar tempat kerjanya.

Pembersihan pantai hari ini berhasil mengumpulkan 3.577 kg. Kecuali hari ini, pembersihan dilakukan di pantai ini menggunakan alat berat pada Rabu dan Kamis (5-6 Juni 2024) yang berhasil membersihkan 102 ton sampah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours