OJK ungkap ada lima calon peserta ‘regulatory sandbox’

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama Inspektorat Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Aset Keuangan Digital, dan Aset Kriptografi Hasan Fawzi mengungkapkan, ada lima calon peserta Treasury yang diusulkan untuk mengikuti pendaftaran. sandbox melalui SPRINT OJK mulai Juli 2024.

Test box atau ruang uji inovasi dan pengembangan merupakan alat dan mekanisme untuk memfasilitasi pengujian dan pengembangan inovasi yang disediakan oleh OJK untuk menilai kemampuan dan keandalan ITSK.

Hassan Fawzi mengatakan dalam Rapat Bulanan Dewan Komisioner OJK (RDKB) di Jakarta, Senin, “ITSK mencakup satu calon peserta dengan aktivitas terkait dukungan pasar dan empat calon peserta dengan aktivitas terkait aset keuangan digital, termasuk aset kriptografi.” kata Hasan Fawzi. .

Pada Juli 2024, ia mengungkapkan OJK telah memfasilitasi konsultasi kepada sembilan calon peserta sandbox, sehingga OJK menawarkan konsultasi kepada 29 calon peserta sandbox pada akhir Juli 2024.

“Selanjutnya, masih ada 73 permintaan konsultasi dari calon peserta sandbox yang mengantri,” kata Hassan.

Terkait pendaftaran penyedia layanan ITSK, Hasan mengungkapkan, sudah ada penyedia layanan ITSK dengan model bisnis kredit inovatif (ICS) yang berstatus terdaftar di OJK.

Dijelaskannya, OJK juga sedang memproses permohonan pendaftaran tiga calon penyelenggara ITSK dengan informasi dua calon penyelenggara ITSK berjenis ICS ITSK dan satu calon penyelenggara ITSK berjenis informasi dan layanan ITSK.

Sedangkan pendaftaran calon penyedia ITSK dengan kumpulan informasi serupa ITSK mengenai produk dan layanan keuangan akan dilakukan melalui program SPRINT, kata Hassan.

Hingga Juni 2024, dari 36 penyelenggara ITSK yang direkomendasikan untuk didaftarkan di OJK, Hasan menjelaskan penyelenggara ITSK memiliki 889 kemitraan dengan perbankan, perusahaan pembiayaan, perusahaan asuransi, perusahaan sekuritas, P2P lending, lembaga keuangan kecil, pegadaian, dan menciptakan informasi. penyedia layanan teknologi, hingga penyedia sumber daya data.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours