Mantan mendagri Inggris calonkan diri jadi ketua partai Konservatif

Estimated read time 2 min read

MOSKOW (ANTARA) – Mantan Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada Sabtu (27 Juli) mengumumkan keputusannya untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif Inggris. “Saya bersedia menjadi pemimpin baru Partai Konservatif,” kata Patel kepada X.

Orang pertama yang mengkonfirmasi niatnya untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif adalah James Cleverly, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Inggris dan Menteri Luar Negeri.

Dua mantan Menteri Dalam Negeri, Tom Tugendhat dan Robert Jenrick, kemudian menyerahkan nominasi mereka, disusul oleh Menteri Pekerjaan dan Pensiun Mel Stride.

Menurut surat kabar Times, penerimaan lamaran calon pimpinan partai akan dimulai pada hari Rabu (24 jam sehari, 7 hari seminggu) dan berakhir awal minggu depan.

Daftar delapan kandidat teratas yang diperkirakan akan mencalonkan diri dalam pemilihan kepemimpinan juga mencakup anggota dewan Kemi Badenoch, Suella Braverman dan Victoria Atkins.

Para kandidat dijadwalkan akan dikurangi menjadi empat melalui pemungutan suara internal pada awal September.

Kandidat yang tersisa akan diberi kesempatan untuk berbicara di konferensi dan berpidato di depan anggota sebelum dua kandidat terakhir dilakukan pemungutan suara pada awal Oktober.

Pemenang pemilihan presiden Partai Nasional Agung akan diumumkan pada 2 November.

Inggris mengadakan pemilihan umum pada tanggal 4 Juli. Partai Buruh memenangkan 412 kursi, mengamankan mayoritas di parlemen dan menggulingkan Partai Konservatif yang berkuasa.

Keesokan harinya, pemimpin Partai Buruh Keir Starmer resmi menjadi Perdana Menteri Inggris ke-58.

Pemimpin konservatif Rishi Sunak, yang sebelumnya mengundurkan diri sebagai kanselir, mengucapkan selamat kepada Starmer atas kemenangannya.

Dalam pidato terakhirnya sebagai kepala pemerintahan, Sunak mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif setelah pengaturan formal dibuat untuk memilih penggantinya.

Sumber: Sputnik-OANA

Tonton video pidato pertama Keir Starmer sebagai Perdana Menteri Inggris

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours