Pilkada Jakarta Makin Seru, Setelah Anies-Sohibul Muncul Kaesang-Jusuf Hamka

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Pilkanda Jakarta 2024 semakin seru. Setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menurunkan Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman, Partai Golkar menurunkan Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka.

Pengumuman pertemuan kakak beradik Anies-Sohibul Iman diketahui diumumkan langsung oleh Ketua PKS Ahmad Syaikhu saat berbicara pada pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Menurut Syaikhu, DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah menyerahkan beberapa nama calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman. Nama-nama tersebut kemudian dibahas dalam rapat Dewan Presiden Pusat (DPTP), mengingat calon yang memiliki rekam jejak kepemimpinan di eksekutif dan legislatif, jujur ​​dan cakap, serta berpotensi menang.

DPP PKS juga mendengarkan berbagai informasi dari para elite, ulama, habib, tokoh agama, ulama dan masyarakat lainnya tentang Pilkanda Jakarta 2024.

Oleh karena itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPTP) PKS dalam rapatnya pada Kamis 20 Juni 2024 memutuskan untuk mengusung Pak Anies Rasyid Baswedan sebagai calon gubernur dan Pak Mohamad Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur wilayah DKI Jakarta tahun 2024. pemilu,” kata Shaikhu.

Anies Basewedan-Sohibul Iman. Foto/Dokumen PKS

Dinamika juga mengungkap upaya PKS menghubungkan Anies-Sohibul Iman. Anies mengungkapkan kepuasannya terhadap level PKS.

Namun sejauh ini belum ada kesinambungan di level PCS. Bahkan, Anies pada 26 Juni 2024 menyatakan akan segera berbicara dengan PKS.

Insya Allah sekembalinya ke Indonesia, kami akan segera berbicara dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah selanjutnya yang akan diambil ke depan. Juga dengan pimpinan partai lainnya, kata Anies yang dikutip dari akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu. (26/6/2024).

Belakangan ini, lewat akun media sosialnya, Anies kerap mengunggah segudang prestasinya selama menjabat Gubernur DKI Jakarta 2022-2027. Tiga hari lalu, Anies menggalang dana untuk pembangunan lapangan sepak bola yang bagus di pedesaan. Menurut Anies, lapangan sepak bola di desa-desa sering kita jumpai kondisinya kurang bagus.

“Dari ketidakkonsistenan tersebut, muncul ide agar kita membangun lapangan sepak bola yang bagus di desa-desa. Tempatnya boleh di desa, tapi lapangannya tidak di desa,” seperti dilansir akun Instagram @aniesbaswedan, Jumat (12/ 7/2024).

Sementara dukungan terhadap Anies terus menyebar dari berbagai wilayah Jakarta. Misalnya saja dari warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Saat bencana, banyak warga sekitar yang terkendala keuangan. Pak Anies Baswedan memberikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan bantuan umum (bansos) kepada semua yang membutuhkan. Tidak ada pilih kasih. Beliau membagi kepada semua secara merata,” ujarnya. Warga kawasan Kebayoran Baru. Moderator, Ossy, Senin (8/7/2024).

Jodi, warga Kelurahan Pasar Mangis, mengatakan perjuangan yang terjadi pada masa pemerintahan Anies Basuedan tampaknya sudah mengalami kemajuan dan tidak hanya infrastruktur kota saja. “Pak Anies Baswedan sudah jelas. Bangun kota, bangun manusia,” ujarnya.

Pidato duet baru Kaesang-Jusuf Hamka terungkap. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku siap mendukung jika Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Kaesang Pangarep memutuskan mencalonkan diri di Pilkada Jakarta.

Masih ada waktu untuk mengambil keputusan, dua bulan lagi, tapi kalau ada peluang dan Mas Kaesang siap maju, Partai Golkar akan mendukungnya, kata Airlangga saat konferensi pers DPP Partai Golkar, Kamis (11). /7/2024).

Menurut Airlangga, pihaknya akan menyiapkan nama Jusuf Hamka sebagai calon Kaesang jika memutuskan maju di Pilkada Jakarta.

“Kalau dia memilih Jakarta, saya akan menggandeng anggota Partai Golkar yang sudah mengerjakan proyek infrastruktur, yaitu Baba Alun (alias Jusuf Hamka),” ujarnya.

Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua PSI Kaesang Pangarep. Foto/Dok SINDOnews

Tak ayal kemunculan nama Jusuf Hamka memang mengejutkan. Sebab, dulu Golkar lebih mengutamakan nilai Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar.

Lalu siapakah Jusuf Hamka? Pengusaha asal China yang masuk Islam di usia 23 tahun ini dikenal sebagai seorang dermawan. Ia juga bermimpi membangun 1.000 masjid.

Jusuf Hamka merupakan pengusaha kelahiran Sawah Besar, Jakarta Pusat pada tanggal 5 Desember 1957 dengan nama Alun Yusuf. Nama Jusuf Hamka diambilnya saat masuk Islam pada tahun 1981. Nama belakangnya diambil dari Buya Hamka yang beragama Islam Indonesia.

Pendaftaran Pilkada Jakarta 2024 akan dimulai pada 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024. Tangan politik masih terus berkembang dan segala peluang terbuka. Apakah Anies-Sohibul dan Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka akan terus mengalami kemajuan? Waktu akan menjawabnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours