Warga Pulau Tidung panen 27 kg sayuran dukung ketahanan pangan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Dengan bantuan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, warga membawa sekitar 27 kilogram sayur kangkung dan sayur-sayuran yang ditanam di lahan sempit dan Pulau Tidung mendukung ketahanan pangan.

“Kami memimpin panen bersama anggota Dasawisma, warga dan pimpinan stasiun Pulau Tidung.” Alhamdulillah panennya bagus sekali, kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan KPKP Kepulauan Seribu di Pasang, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, sayuran yang dipanen sebagian besar ditanam secara hidroponik di kawasan Urban Agriculture Titong Marina, Desa Pulau Titong, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Selain kangkung dan sayuran, lahan pertanian yang terbatas juga ditanami cabai, terong, ubi jalar, singkong, jagung, buah-buahan dan tanaman lainnya.

“Sayuran yang berhasil dipanen antara lain kangkung 15 kilogram dan bayam 12 kilogram. Bantuan dan pendampingan dari KPKP Cabang Kepulauan Sribu membuat panen ini sangat sukses,” ujarnya.

Anggota Dasawisma Tri Aningsih (39) mengaku senang bisa mengikuti acara panen bersama di Dermaga Pulau Tidung. Selain itu, ia juga diberi sayur-sayuran hasil panennya.

Alhamdulillah panen sayur-mayurnya bagus. Setiap panen, masyarakat di pelabuhan akan memanggil warga untuk membawa hasil panen agar kita bisa makan sayur. Saya senang sekali, katanya.

Ia percaya bahwa perempuan (di sini, istri) adalah penggagas semua gerakan ekonomi, seperti pemanfaatan tanah di sekitar rumahnya untuk bercocok tanam.

“Gerakan menanam ini diharapkan dapat mengubah sikap dan perilaku konsumsi hasil bumi. Menanam tanaman hidroponik juga memberikan manfaat ekonomi dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours