Mengenal Henri Delaunay, Penggila Sepak Bola yang Namanya Diabadikan di Piala Eropa

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Gelaran Euro 2024 semakin dekat. Penggemar sepak bola akan mengalihkan perhatian mereka ke Jerman mulai 14 Juni ini. Namun, masih banyak orang di benua biru yang belum mengetahui sejarah turnamen tersebut.

Ya, itu dimulai oleh Henry Delaunay. siapa dia? Henry Delaunay, disebutkan UEFA, menjadi sekretaris jenderal pertama UEFA.

Orang Prancis memiliki tempat penting dalam sejarah organisasi ini dan tidak hanya menjadi pionir yang berjasa besar terhadap lahirnya sepak bola Eropa, tetapi juga berperan dalam terbentuknya sepak bola Eropa. Tubuh

Pada tahun tersebut Lahir di Paris pada tahun 1883, Henri Delaunay adalah penggemar sepak bola berdedikasi yang menjadikan permainan ini sebagai minatnya sejak kecil.

Pada usia 20 tahun, ia diangkat sebagai sekretaris klub terkemuka Prancis saat itu, Etoile des Deux Lacs, dan pada usia 26 tahun, ia diangkat sebagai presiden klub.

Keahlian Delaunay sebagai administrator telah dibuktikan secara nasional. Pada tahun-tahun berikutnya, pada awal tahun 1906, ketika ia baru berusia 23 tahun, ia diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Komite Antarfederal Prancis yang baru, cikal bakal Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), yang didirikan pada tahun 1919.

Dengan darah sepak bolanya, Henry Delaunay adalah pria dengan otoritas kuat yang diberkati dengan kepekaan alami dan selera humor yang kuat. Dia ahli dalam sepak bola dan peraturannya – bantuan khusus dalam peran wasitnya di Prancis.

Pada tahun tersebut Pada tahun 1920, badan sepak bola dunia FIFA memintanya untuk duduk di komite penasihat baru mengenai hukum permainan, yang akhirnya dinamai Komite Wasit FIFA. Dia kemudian menyusun keputusan pertama dari serangkaian keputusan tentang penafsiran UU tersebut.

Dinamakan setelah Piala Euro, Henry Delaunay mengutarakan mimpinya menjadi kompetisi Eropa untuk meningkatkan identitas dan daya tarik permainan tim nasional. Ini juga memberi dorongan pada Piala Dunia FIFA.

Pada tahun tersebut Pada Kongres FIFA di Amsterdam pada tahun 1928, ia berperan penting dalam menyetujui keputusan “untuk menyelenggarakan kompetisi dengan perwakilan dari semua asosiasi nasional”.

Sebagai pionir UEFA, Delaney menjadi tokoh kunci dalam pendirian UEFA pada bulan Juni 1954 sebagai pelopor terdepan dalam gerakan pembentukan kelompok asosiasi nasional Eropa.

FIFA pada tahun 2010 Keputusan untuk melegitimasi federasi sepak bola kontinental pada tahun 1953 membuka jalan bagi lahirnya badan Eropa baru pada pertemuan 28 asosiasi nasional di Basel, Swiss pada musim panas berikutnya.

Sayangnya, masa jabatan Henry Delaunay sebagai Sekretaris Jenderal UEFA hanya berumur pendek. Pada tahun tersebut Kematiannya pada November 1955 membuat UEFA tidak siap membantu langkah pertama yang gagal.

Henry Delaunay bahkan tidak bisa bermimpi untuk berkompetisi di timnas Eropa. Kejuaraan Eropa terakhir diluncurkan pada tahun 2011. Henry Delaunay!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours