Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Kepala BNPB: Tenang, Masih Aman!

Estimated read time 2 min read

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Suleiman-Yogyakarta dan Jawa Tengah semakin meningkat. Belakangan ini Gunung Merapi menjulang setinggi 1500 meter di aliran Sungai Bibing dengan awan badai salju yang hangat.

Berdasarkan gambar CCTV, erupsi Gunung Merapi berupa awan panas akan terjadi pada Kamis (25/7) pagi pukul 00:05 WIB. Awan hangat bergerak 1500 meter ke arah barat daya melewati Sungai Bebing.

Badai awan hangat berlangsung selama 102 detik dan berukuran 43 mm. Saat ada awan hangat, angin diarahkan ke barat daya. Ini merupakan awan panas ketiga yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga melontarkan awan salju hangat pada Sabtu 20 dan Senin 22 Juli 2024. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) terus memantau situasi terkini.

Kepala BNPB Jenderal TNI Suhryantu memastikan Merapi aman. Sebab, luncuran awan hangat masih dalam radius yang disarankan. Kondisi masih aman, tapi hati-hati, kata Suharianto, Kamis (25/7/2024) di Sulaiman.

Menurut BNPB, Ketua PVMBG Hadi Vijaya mengimbau warga tetap tenang dan meminta masyarakat yang tinggal di lereng Merapi tetap tenang. “Kondisi masih aman, kami terus melakukan pemeriksaan rutin,” ujarnya.

Saat ini status Gunung Merapi masih berada pada level tiga atau peringatan. Masyarakat diminta menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan BPPTKG Yogyakarta. Ditegaskannya, masyarakat diminta tetap tenang dan mewaspadai situasi saat ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours