Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Desa Sukaresmi, Akademisi UP Gelar Psychocare

Estimated read time 2 min read

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi UP) khususnya anggota Senat Mahasiswa dan Dewan Pengawas Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 3 – 14 Agustus 2024.

Kegiatan yang diberi nama Psikocare ini dilakukan di Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamkamur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tema kegiatan ini adalah “MUTIARA (Motivasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Anak Cerah Berprestasi)”.

Seiring dengan pelaksanaan triad perguruan tinggi, bakti sosial, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di desa Sukaresmi.

Tujuan lainnya adalah untuk memotivasi orang tua dalam menunjang pendidikan anaknya, serta memberikan dampak psikologis yang positif bagi masyarakat desa. Sebab, motivasi anak-anak di wilayah ini untuk bersekolah masih rendah, begitu pula dengan motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Namun, desa tersebut hanya berjarak 45 km dari Universitas Pennsilla dan anak-anak relatif tidak perlu membayar biaya sekolah.

Kegiatan yang berlangsung selama 12 hari ini diikuti oleh 29 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang dipimpin oleh Jihan Amalia Putri.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prof. Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Dr. Awaluddin Tajalla, MPD dan Dosen. Untuk mewujudkan tujuan acara tersebut, berbagai sekolah didirikan untuk mendidik anak-anak desa. Mereka mempelajari materi Kalistang, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, IPA, olah raga, hobi praktek, olah raga tradisional.

Anggota masyarakat juga memberikan motivasi untuk bersekolah agar dapat mencapai cita-citanya. Tenaga pendidik UP FPsi juga memberikan pembekalan psikologi kepada guru dan orang tua di desa Sukaresmi.

Beberapa tema psikoedukasi antara lain:

1. Menciptakan lingkungan belajar mengajar yang efektif dan interaktif bagi siswa

2. Pentingnya pola asuh orang tua bagi tumbuh kembang anak

3. Pentingnya pendidikan sekolah bagi siswa

4. Pengaruh narkoba dan alkohol terhadap tumbuh kembang anak

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia khususnya Badan Pembinaan dan Pembinaan Bahasa yang memberikan donasi berupa buku bacaan dan peralatan sekolah.

Donasi ini diberikan kepada siswa tingkat PAUD, SD dan SMP di desa Sukreshmi.

Selain memberikan manfaat bagi masyarakat pedesaan setempat, acara tersebut sangat bermanfaat dan berkesan bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Mereka mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berharga, seperti keterampilan bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang jauh dari kota yang sulit mendapatkan sinyal atau bahkan air. Ilmu yang didapat di kampus juga bisa mereka terapkan untuk membantu warga desa Sucresmi. Mereka tampak antusias dan ingin kembali melakukan kegiatan psikocare pada kesempatan berikutnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours