Pemprov Papua minta OPD optimalisasi pemungutan pajak dan retribusi

Estimated read time 1 min read

Jayapura (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memperkuat dan memperluas Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan meningkatkan pemungutan pajak dan pajak daerah.

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Papua Sitio Wahidi di Jayapura, Rabu, mengatakan banyak OPD yang bisa melakukan pembalasan, namun tidak semuanya sempurna.

Oleh karena itu, kami meminta 35 OPD tersebut segera dimanfaatkan agar dapat menghasilkan tambahan pendapatan, ujarnya.

Menurut Sitio, sejak berdirinya daerah otonom baru, Provinsi Papua masih dalam masa transisi. Oleh karena itu, pencarian sumber pendapatan baru harus didorong, termasuk melalui pajak dan pajak daerah.

“Banyak OPD yang mempunyai kapasitas, sehingga kita berharap dapat meningkatkannya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya juga mengingatkan OPD untuk melaksanakan pembayaran kendaraan bermotor karena juga merupakan sumber pendapatan Daerah Papua.

“Kami berharap dengan cara ini dapat meningkatkan sumber daya yang ada sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi provinsi Papua,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya berharap tujuan tersebut dapat tercapai dengan perbaikan di sisa waktu yang ada.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours