Lowongan CPNS 2024 di DPR RI, Berikut Link Download Rincian Formasinya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berikut yang perlu Anda ketahui mengenai peluang dan detail organisasi serta persyaratan CPNS 2024 dan DPR RI. Biro Kepegawaian (BKN) resmi mengumumkan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024.

Pendaftaran CPNS dimulai tanggal 20 Agustus 2024 hari ini hingga 6 September 2024. Salah satu lembaga atau perusahaan yang membuka kesempatan CPNS 2024 adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Artikel ini membahas tentang informasi link download detail jadwal CPNS 2024 dan DPR RI, simak yuk!

Lowongan CPNS 2024 di DPR RI

Sekretariat DPR RI telah mengeluarkan pemberitahuan mengenai penetapan CPNS 2024. Kualifikasinya pun berbeda-beda, mulai dari jenjang D3, D4, S1 hingga S2.

Tahun ini, Sekjen DPR RI memaparkan 302 formasi CPNS 2024. Formasi tersebut terbagi atas 275 formasi umum, 15 formasi putra dan putri Kalimantan, 6 formasi penyandang disabilitas, dan 6 formasi cum laude.

Ketentuan Umum

1. Warga negara Indonesia bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan diatas 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.

3- Selama penyidikan dugaan tindak pidana, dipidana dengan pidana penjara paling lama dua (dua) tahun atau lebih.

4- Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 2 (dua) tahun atau lebih.

5. Tidak pernah dipecat dengan tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, prajurit Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau pegawai swasta.

6. Calon bukan PNS, PNS, prajurit TNI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau siswa sekolah negeri.

7. Tidak melakukan kesalahan dan/atau berperilaku buruk.

8. Tidak ada status peserta di luar seleksi calon ASN yang sedang dalam proses perencanaan penerbitan nomor induk pengguna.

9. Bagi PPPK yang melamar jenis rekrutmen pegawai negeri sipil, harus menyelesaikan minimal 1 (satu) periode kontrak kerja dan mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina (PPK) atau Pejabat Perizinan (PyB).

10. Ia bukan anggota atau pengurus partai politik dan/atau terlibat dalam politik yang bermakna.

11. Memiliki kualifikasi akademik sesuai jabatan yang dibutuhkan.

12. Sehat jasmani dan rohani untuk pekerjaan yang dilamar, dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh dokter di rumah sakit pemerintah pada tanggal lolos tahap akhir (harus pada saat melamar) Bagi pelamar yang lolos seleksi tahap akhir.

13. Kesiapan melakukan reformasi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

14. Bersedia menjabat Sekjen DPR dan tidak meminta perubahan jabatan karena alasan pribadi paling singkat 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat menjadi PNS.

15. Berakhlak baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dari kepolisian minimal berpangkat Polisi Perjalanan (Polres) (dilengkapi tepat pada waktunya bagi pelamar yang lulus tahap akhir).

16. Dari konsumsi/penggunaan obat, psikoaktif, prekursor dan/atau zat adiktif lainnya (NAPZA) sebagai bukti efektifitas obat/surat bebas obat dari rumah sakit pemerintah/Badan Narkotika Nasional (BNN)/Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) ditetapkan, hindari. Kelayakan (harus dilengkapi pada saat melamar bagi pelamar yang telah lulus tahap seleksi akhir).

17. Pelamar penyandang disabilitas juga dapat mengajukan permohonan kebutuhan umum atau kebutuhan khusus lainnya dengan ketentuan sebagai berikut:

A. mempunyai ijazah dengan kualifikasi akademik sebagai syarat jabatan yang dimohon;

B Saat mengajukan SSCASN, pelamar penyandang disabilitas harus menyatakan bahwa mereka adalah penyandang disabilitas

Penyandang cacat; Dan

C. Permasalahan yang dibahas pada nomor 2 oleh :

1) Verifikasi asli Surat Keterangan Disabilitas dari Dokter di RS Pemerintah/Poskmas yang menjelaskan jenis dan derajat kecacatan.

2) Pelamar menyiapkan film pendek yang menampilkan aktivitas sehari-hari pelamar pada posisi yang diminta dan menampilkan seluruh bagiannya dalam durasi minimal 2 jam (dua) menit dan disediakan maksimal 5 (lima) menit; Dan

3) Tahap selanjutnya, pelamar harus menambahkan link download video (misalnya ke Google Drive, YouTube, dll) pada menu di halaman https://sscasn.bkn.go.id.

Anda dapat mendownload link download PDF rincian jadwal CPNS DPR RI 2024 https://www.dpr.go.id/cpns

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours