BPS Papua sebut beras penyumbang inflasi di Papua pada Juni 2024

Estimated read time 2 min read

Jayapura (ANTARA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mengidentifikasi beras sebagai salah satu komoditas penyebab inflasi tahun ke tahun (year-on-year) pada Juni 2024 di Provinsi Papua.

Adriana Helena Carolina, Kepala BPS Papua di Jayapura Mengatakan pada hari Selasa bahwa Selain daripada itu Ada pula perhiasan emas, uang kuliah, bawang putih, cabai rawit, dan ikan cavalina.

Sedangkan komoditas yang menyebabkan deflasi secara year-on-year antara lain angkutan udara, tomat, pinang, tuna, ikan tenggiri, tahu mentah, ikan mamar, bayam, cakalang, bawang merah, kapulaga, dan selada, ujarnya lagi.

Menurut Karolina Perkembangan harga berbagai bahan baku Juni 2024 secara umum menunjukkan peningkatan.

“Pada Juni 2024, laju inflasi year-on-year di Provinsi Papua sebesar 1,47 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,12,” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, tingkat inflasi bulanan dan tahunan masing-masing sebesar 0,35 persen dan 1,23 persen.

“Inflasi tahun ke tahun didorong oleh kenaikan harga. Indeks pengeluaran kelompok makanan, minuman, dan tembakau meningkat sebesar 3,07 persen, disusul kelompok sandang dan alas kaki yang meningkat sebesar 1,23 persen,” ujarnya lagi.

Selain itu, kelompok kesehatan sebanyak 1,42 persen, kelompok pendidikan 7,49 persen, kelompok makanan dan minuman atau restoran sebanyak 1,32 persen, dan kelompok perawatan diri dan jasa lainnya sebanyak 2,78 persen.

Sementara itu, kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks antara lain kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,49 persen, kelompok perlengkapan, perlengkapan, dan pemeliharaan rumah tangga sebesar 0,33 persen, serta kelompok transportasi sebesar 0,57 persen, kata Baca juga : Papua Barat melihat inflasi tahunan sebesar 3,73 persen pada Juni 2024. Baca juga: BPS: Inflasi Papua Barat Daya Juni 2024 tercatat 1,28 persen

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours