Wakil Bupati Boyolali apresiasi pelajar ikut Festival Dalang Bocah

Estimated read time 2 min read

Boyolali (Antara) – Wakil Gubernur Boyolali Wahu Irawan mengucapkan selamat kepada peserta pelajar SD dan SMP yang berhasil meraih gelar juara Festival Wayang Boka Tahun 2024 di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Para pelajar turut serta dalam upaya pelestarian kesenian tradisional di Kabupaten Boiolali melalui Festival Dalang Boga,” kata Boiolali Vayu Irawan dari Boiolali, Jumat.

Wakil Rektor menyampaikan bahwa pemerintah telah mempelopori pelestarian kesenian ini. Dan para peserta dan pemenang akan terus membantu melestarikan kesenian ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poiolali (DISTIGBUT) Supana mengatakan, aksi yang dilakukan pada Kamis (22/8) itu untuk memberi ruang bagi para dalang. terutama anak-anak Pada tingkat dasar dan menengah bawah

“Kegiatan ini untuk memberikan ruang kepada seniman. terutama anak-anak Untuk mengekspresikan dan menunjukkan kualitas seni pedalangan,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan gerakan tersebut adalah untuk melestarikan budaya Jawa. Secara khusus, seni pedalangan dikenal di seluruh dunia. Sehingga generasi penerus pada akhirnya dapat menggantikan seni pedalangan orang dewasa.

Wah seni juga merupakan harta karun yang harus dilindungi, kata dia, karena diakui di seluruh dunia. Generasi dalang anak inilah yang kemudian bisa menggantikan dalang dewasa. Oleh karena itu kesenian pedalangan di Boyolali tidak mengalami kemunduran, namun dapat berkembang.

Pemenang Festival Wayang Bocah Radite Hanung Putra dari SMP Negeri 4 Boyolali meraih juara pertama dengan hadiah uang sebesar 6 juta Rupiah. Dan juara kedua diraih Arjuna Chetya Mangala dari SDN Dipal, Ngemplak dengan hadiah uang Rp 4,5 juta, Juara ketiga diraih Fathir Narendra Vidhitama dari SMPN 6 Boyolali dengan hadiah uang Rp 3,5 juta.

Juara pertama adalah Kondang Kalimusada dari MIM Grinding, Nogosari dengan hadiah sebesar 2,5 juta Rupiah. Dan juara kedua adalah M Akbar Bayu Pranadipta dari SD Muh PK Tuma dengan hadiah sebesar 1,5 juta rupiah. Juara III adalah Abimanyu Sri Ji dari SDIT Bina Insani senilai Rp1,250 juta dan favorit Diaz Ari Prastio dari SDN 1 Ambal senilai Rp750.000.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours