Kisah Sunan Kalijaga Curi Hati Nyi Roro Kidul di Perang Pajajaran dan Cirebon

Estimated read time 2 min read

Kisah Sunan Kalijaga yang menikah dengan Ni Roro Kidul memang menarik untuk diceritakan. Tokoh Walizongo dikenal menggunakan wayang kulit sebagai media pidatonya dan memiliki banyak kisah unik dalam hidupnya.

Cerita bermula dari perang saudara antara Prabu Siliwangi, raja sakti Mandraguna, dan prajurit dinasti Sirbon. Dalam pertempuran tersebut banyak utusan Kerajaan Siribon yang tidak mampu menandingi kesaktian Prabu Siliwangi.

Pangeran Arya Kemuning, Devi Naimas Gandazari, dan Naimas Roro Kenkono Vungu gagal mengalahkan Silo. Akhirnya Sunan mengutus Kalijaga untuk berperang melawan Prabu Siliwangi, namun ia pun tidak berhasil.

Sebagai murid yang setia, Sunan Kalijaga meminta nasehat dari gurunya, Sunan Gunung Jati. Guru tersebut kemudian mendapat petunjuk cara menggunakan tombak Carrera Rexa, tombak sakti Nyi Roro Kidulin atau dewi Nawang Wulan.

Devi Nawang Wulan sendiri merupakan putri Prabu Siliwangi dan istri keduanya, Palaga Inggris, dan dipercaya menjadi seorang pendekar dan penguasa pantai selatan.

Sunan kemudian mengutus Kalijaga untuk meminjam senjata kepada Nai Roro Kidul.

Namun alih-alih langsung memberikan senjata, Nai Roro Kidul malah meminta bertemu Raja Panathagama atau Raja Cirebon. Setelah diselidiki, terungkap Devi jatuh cinta pada Sunan Kalijaga.

Mendengar hal itu, Sunan Gunung Jati membawa Nyi Roro Kidul menemui Kaputran. Saat dimintai warisan, Devi Nawang Wulan menolak memberikannya tanpa suaminya. Akhirnya Sunan memerintahkan Kalijaga untuk memperistri dewi kasta Sunan Gunung Nawang Wulan.

Sunan menerima Kalijaga, namun Devi memberikan syarat sebelum menikah. Syaratnya adalah membawa tasbih kecubung atau wulung dari Laut Merah. Kasta Sunan Gunung segera mengutus Sunan Kalijaga untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Sunan Kalijaga kemudian pergi ke Gunung Siremai, bertapa, dan berdoa kepada Allah memohon perlindungan. Tak lama kemudian, Sunan Kalijaga mendapat isyarat misterius yang mengarahkannya untuk menemukan tasbih Wulung.

Setelah mendapat lonceng doa, Sunan Kalijaga kembali dan menikah dengan Devi Nawang Wulan. Dengan pernikahan ini, diperoleh warisan yang diinginkan.

Peperangan antar saudara pun tak terhindarkan dan dengan bantuan ahli waris gaib tersebut, Sunan Kalijaga berhasil mengalahkan raja Siliwangi. Kekalahan ini mendorong Prabu Siliwangi masuk Islam.

Hal ini menandai berakhirnya perang saudara dan dimulainya era baru di negara tersebut.

Oleh karena itu, kisah cinta Sunan Kalijaga dan Nai Roro Kidul bukanlah sebuah cinta biasa, melainkan juga menjadi bagian penting dalam sejarah perjuangan dan penyebaran Islam di Pulau Jawa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours