Pemkot Surabaya beri ruang kepada komunitas kenalkan Kota Lama

Estimated read time 2 min read

SURABAYA (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemkot) Surabaya mengajak seluruh masyarakat setempat untuk ikut serta dalam pameran kawasan wisata Kota Lama agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Kota Lama terpanggil untuk dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat agar kawasan tersebut menjadi ramai dan dikenal masyarakat luas,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai peninjauan Kota Lama di depan Jalan Rajawali International Towers, Kamis.

Eli mengatakan, kota kuno ini terbagi menjadi tiga wilayah yakni Eropa, Chinatown, dan Arabia, serta terdapat potensi wisata pahlawan sejarah yang dapat dikembangkan.

Pemerintah kota menyadari bahwa upaya ini tidak hanya mengandalkan aktor internal saja, namun juga memerlukan keterlibatan masyarakat.

Ini mobil yang dikendarai Malabi dan tewas dalam pertarungan Arek-Arek Surabaya di Surabaya, ujarnya.

Selain itu, Wali Kota Surabaya juga menyampaikan bahwa kota tua merupakan wadah para pemuda setempat untuk menunjukkan dan mengembangkan bakatnya.

Pemerintah kota sedang bersiap untuk meningkatkan jumlah kegiatan untuk generasi muda, seperti kompetisi e-sports, dance, dan DJ.

“Alhamdulillah, meski belum diluncurkan, masyarakat sudah datang menikmati suasananya,” ujarnya.

Sementara dari sisi ekonomi, Eri mengatakan, banyak jalan di kawasan Kota Lama yang dirancang sebagai tempat wisata kuliner dan pedagangnya merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami akan mencari kopi Indonesia dan menaruhnya di Jalan Karet. Jadi kopi ada dimana-mana,” kata Eri Cahyadi.

Cak Eri, begitu ia disapa, menambahkan, beberapa destinasi dan fasilitas wisata sudah siap dan akan beroperasi tepat waktu menjelang peresmian Kota Lama pada 3 Juli 2024.

“Langkah selanjutnya adalah menyambung Kya-Kya, Jalan KH Mas Mansyur, Kampung Arab. Di sana akan kita perbaiki dan selesaikan di sini (Zona Eropa),” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours