Tom Daley umumkan pensiun dari loncat indah setelah raih medali perak

Estimated read time 3 min read

JAKARTA (Antara) – Perenang Olimpiade lima kali Tom Daley mengatakan sekarang adalah waktu yang tepat bagi penyelam asal Inggris, yang mengumumkan pensiun dari olahraga tersebut tak lama setelah Olimpiade Paris.

Daly, yang memenangkan lima medali Olimpiade dalam karirnya, mengungkapkan keputusannya untuk berhenti dari olahraga tersebut dalam sebuah wawancara dengan British Vogue.

Atlet berusia 30 tahun itu pensiun setelah meraih perak di nomor lari 10m putra tersinkronisasi di Olimpiade di Prancis tiga tahun lalu dan emas di nomor yang sama di Olimpiade Tokyo.

“Saya harus mengambil keputusan suatu saat nanti dan ini terasa seperti saat yang tepat. Ini saat yang tepat untuk mengakhirinya,” kata Daley seperti dikutip AFP, Selasa.

Daley menjadi terkenal sebagai bintang selam Inggris setelah pertama kali berkompetisi di Olimpiade Beijing 2008 pada usia 14 tahun.

Ia meraih medali perunggu pada platform 10m pada Olimpiade 2012 di London dan medali perunggu pada platform sinkron 10m putra di Rio 2016.

Daly efektif pensiun setelah memenangkan emas di Tokyo sehingga dia bisa berlari di depan kedua anaknya sebelum memutuskan untuk kembali untuk Olimpiade kelima di Paris.

Dia memutuskan untuk pensiun dari kompetisi setelah dikeluarkan dari kolam renang di Paris sebelum acara.

“Rasanya sangat-sangat luar biasa. Saya sangat gugup karena ini adalah Olimpiade terakhir saya,” kata Daly.

“Ada banyak tekanan dan ekspektasi. Saya ingin itu terjadi.”

“Tetapi ketika saya keluar dan melihat pasangan saya (Lance) dan anak-anak (Robbie dan Phoenix) serta teman dan keluarga saya di antara penonton, saya berpikir, tahukah Anda? Inilah sebabnya saya melakukan ini,” kata Daly.

“Pada akhirnya sangat emosional di platform, karena mengetahui ini akan menjadi lomba menyelam kompetitif terakhir saya.”

Daley berbagi medali emasnya di Tokyo dengan Matty Lee dan kembali mempertahankan gelarnya di Paris setelah meyakinkan putranya yang berusia enam tahun Robbie untuk kembali ke olahraga tersebut.

Pada ajang dua pekan lalu, Daley dan rekannya Noah Williams meraih perak atas pasangan China.

Daly tidak takut menyesali keputusannya untuk pensiun, berharap bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya jauh dari sorotan Olimpiade.

“Saya ingin bersama keluarga. Senang sekali bisa menghabiskan waktu bersama mereka dan beraktivitas normal selama beberapa hari,” kata Daly yang telah mewujudkan impian masa kecilnya menjadi penyelam scuba. Pembawa bendera Inggris pada upacara pembukaan Olimpiade di Paris.

“Selalu sulit ketika Anda mengucapkan selamat tinggal pada olahraga Anda. Banyak yang harus diproses, tapi menurut saya ini saat yang tepat.”

“Tahun ini terasa seperti bonus, saya bisa berkompetisi di depan keluarga dan anak-anak saya. Saya bisa menjadi pembawa bendera. Jadi ya, daftar keinginan saya selalu terpenuhi,” kata Daley.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours