Intip bocoran spesifikasi kamera seri iPhone 16

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Seri iPhone 16 terus menjadi sorotan belakangan ini, dengan kabar terbaru yang menyebutkan bocoran spesifikasi kamera pada smartphone mendatang.

Sumber: Apple Insider Dikutip Gizmochina, Jumat waktu setempat, tampaknya iPhone 16 dan 16 Plus hanya mendapat sedikit peningkatan.

Model ini akan tetap menggunakan sensor utama 48MP yang sama seperti pendahulunya, namun kamera ultra lebarnya akan mengalami peningkatan aperture dari f/2.4 menjadi f/2.2.

Menariknya, bocoran ini mengklaim bahwa model non-Pro ini akhirnya akan mendukung fotografi makro, sebuah fitur yang saat ini tidak tersedia di basis iPhone.

IPhone 16 Pro dan Pro Max dikabarkan mendapatkan pembaruan yang sedikit lebih signifikan. Kamera utama kemungkinan akan tetap sama seperti tahun lalu, namun kamera ultra lebar diperkirakan akan mendapat peningkatan besar.

Resolusi kamera sudut ultra lebar akan meningkat dari 12 MP menjadi 48 MP. Kamera ini juga akan menggunakan pixel binning untuk mengambil gambar.

Setiap piksel akan berukuran 0,7 mikrometer, yang secara efektif menghasilkan ukuran piksel 1,4 mikrometer saat menggunakan mode pengelompokan. Pengguna juga dapat mengambil foto 48 megapiksel dalam format gambar ProRaw berkualitas tinggi dari Apple.

Selain peningkatan sensor, Apple juga akan memperkenalkan format foto baru tahun ini yaitu JPEG-XL, dan model Pro juga akan mendukung perekaman video 3K pada 120fps dengan Dolby Vision.

Salah satu tambahan yang diharapkan hadir adalah tombol pelepas rana di keempat model iPhone 16.

Tombol ini bersifat kapasitif, artinya pengguna tidak perlu menekannya secara fisik untuk memicu suatu tindakan, dan akan eksklusif untuk aplikasi kamera, baik Apple maupun pihak ketiga.

Tombol ini juga akan mendukung tekanan yang sensitif terhadap tekanan, memungkinkan pengembang menggunakannya untuk fitur seperti kunci eksposur dan fokus sebelum mengambil foto. Selain itu, sifat kapasitifnya memungkinkannya berfungsi sebagai trackpad.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours