Simak Yuk! 9 Penyebab Gagal Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Inilah 9 Alasan Tak Harus Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil Kontrak (PPPK) 2024 akan segera terungkap pada Agustus ini.

Pendaftaran CPNS dan PPPK terbuka bagi lulusan baru yang berpengalaman. Namun jika Anda ingin melamar CPNS dan PPPK 2024, waspadai beberapa hal yang akan membuat Anda gagal dalam seleksi. Faktor apa saja yang menjadi penyebab kegagalan CPNS 2024? Artikel ini membahasnya, check it out!

8 2024 Alasan Gagal Seleksi CPNS dan PPPK

1. File tidak lengkap

Banyak peserta yang tidak lolos CPNS dan PPPK 2024 pada tahap seleksi awal atau administrasi. Tahap pertama dari kegagalan ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa file yang diperlukan tidak konsisten dan tidak lengkap.

Oleh karena itu, calon harus memperhatikan semua dokumen yang diperlukan. Misalnya, jika Anda diminta menambahkan skor TOEFL, pastikan skor Anda sesuai dengan skor yang diminta. Dan sertifikat yang dipersyaratkan harus tetap memiliki tanggal kadaluarsa.

2. Pendaftaran tidak memenuhi kualifikasi Anda

Setiap institusi mempunyai persyaratan yang berbeda-beda. Misalnya batasan usia, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja. Jika Anda tidak memenuhi atau memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan, Anda tidak akan otomatis melaju ke babak kualifikasi berikutnya.

3. Pengunggahan dokumen salah

Sekalipun dokumen yang Anda pindai sudah lengkap, kesalahan mengunggahnya bisa berakibat fatal. Jadi periksa kembali kebenaran dokumen yang diunggah.

4. Mengabaikan batasan umur

Beberapa pos CPNS dan PPPK memiliki batasan usia yang perlu diperhatikan oleh para calon. Hal ini tidak berlaku hanya karena Anda melihat jurusan kuliah Anda banyak menuntut dan kuotanya banyak.

5. Kegagalan untuk mematuhi batas waktu pendaftaran

Setiap agensi mempunyai jadwal yang padat. Jangan menunda dalam mengumpulkan dokumen pendaftaran Anda, karena hal ini dapat mengakibatkan Anda langsung didiskualifikasi. Selalu perhatikan tenggat waktu dan usahakan untuk mengumpulkan berkas sebelum batas waktu yang ditentukan.

6. Mengabaikan penggunaan bea materai

Beberapa file memerlukan stempel elektronik atau stempel elektronik. Jika stempel elektronik diperlukan untuk suatu posisi terdaftar, lengkapi dengan membelinya dari vendor khusus.

Jangan membeli stempel fisik dan langsung melampirkannya pada file yang diminta. Hal ini mungkin bisa membuat Anda gagal CPNS dan PPPK 2024.

7. Warna latar belakang foto

Aturan selfie di CPNS dan PPPK harus rapi dan santai dengan warna background sederhana yakni merah. Jangan gunakan latar belakang dua warna atau bermotif.

8. Mengabaikan pesan resmi

Pemberitahuan resmi CPNS dan PPPK telah diterbitkan oleh Badan Layanan Umum (PSA). Selain itu, formasi dan persyaratannya diumumkan secara resmi oleh masing-masing kementerian, lembaga, lembaga, dan pemerintah daerah.

9. Surat lamaran tidak mengikuti format

Beberapa instansi memerlukan surat lamaran yang ditulis tangan atau diketik sebagai bagian dari persyaratan administrasi. Setiap agensi memiliki template surat lamaran yang berbeda. Jangan mengetik atau membuat surat lamaran Anda sendiri. Lihatlah contoh dokumen yang diunggah oleh masing-masing instansi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours