Super Turtle Tank, Senjata Multifungsi Andalan Baru Rusia

Estimated read time 3 min read

Jakarta: Rusia memperkuat tank Super Turtle melawan Ukraina. Apa itu Tangki Penyu Super?

Menurut War Identification Sabtu (24/8/2024), Turtle Tank merupakan event baru di medan pertempuran. Tank ini pertama kali terlihat saat perang di Ukraina. Kendaraan lapis baja Rusia yang dimodifikasi sedang menjalani serangkaian modifikasi untuk melindungi tank dari serangan drone, yang merupakan ancaman yang semakin meningkat dalam konflik saat ini.

Ciri khas Turtle Tank adalah adanya penambahan sangkar atau sangkar logam yang menutupi bagian atas mobil. Fitur ini dirancang untuk menyerang drone dengan mengganggu kemampuannya untuk menghancurkan permukaan tank secara langsung, yang merupakan bagian yang mengerikan.

Namun, perangkat tersebut dirancang khusus untuk mengurangi visibilitas dan mobilitas kendaraan, sehingga lambat dan tidak efektif dalam operasi tempur awal.

Tangki air ini sering digunakan bersama dengan kendaraan modifikasi lainnya seperti buggy dan sepeda motor. Hal ini menggambarkan semakin besarnya peran drone di medan perang. Drone, khususnya model first-person view (FPV), telah menjadi senjata menarik militer Ukraina melawan kendaraan Rusia dengan presisi tinggi.

Untuk mengatasi ancaman tersebut, Turtle Tank berperan sebagai ‘spons’ yang menyerap serangan sehingga kendaraan lain dapat menembus barisan musuh.

Namun pendekatan ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas kandang replikasi. Meskipun mereka memberikan perlindungan terhadap drone, mereka tidak dapat mengkompensasi kesalahan teknisnya. Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa meskipun ada perlindungan seperti itu, banyak tank yang masih hancur akibat serangan tersebut, sehingga menunjukkan keterbatasan strategi ini.

Konsep turtle tank, meskipun dikembangkan dan jauh dari kesuksesan tank tempur, dapat bervariasi dari satu peran ke peran lainnya di medan perang. Peran-peran ini termasuk artileri gerak sendiri, kendaraan ranjau, dan kendaraan penghancur. Dia mengikuti role Turtle Tank dengan salah satu role tersebut.

1. Artileri gerak sendiri.

Tank penyu dapat memberikan dukungan artileri tidak langsung. Ada perlindungan tambahan dari drone, meski terbatas, memungkinkan tank berada di belakang garis depan dan menembak dari jarak jauh ke posisi musuh.

Mengubah tank-tank ini menjadi platform artileri mengkompensasi hilangnya mobilitas dengan menjaga pasukan dari kontak dengan musuh sambil tetap berkontribusi dalam pertempuran dengan memberikan serangan jarak jauh.

2. Truk penjinak ranjau

Tank penyu sering kali dilengkapi dengan gulungan ranjau atau sejenisnya, yang memungkinkannya menetralisir ranjau musuh. Pelindung tambahan melindungi kendaraan dari serangan drone, sehingga sangat berguna untuk operasi penghapusan ranjau yang sedang berlangsung.

Tank bertindak sebagai pionir bagi tentara untuk mengikuti dan melindungi jalan raya dan rel kereta api di ladang ranjau.

3. Mobil pertanyaan

Tank penyu dapat digunakan sebagai kendaraan pengangkut dengan membersihkan jalur pintas musuh. Tank-tank ini dirancang untuk menyerang senjata anti-tank dan drone sambil menerobos rintangan dan benteng musuh.

Meskipun kinerja dalam peran ini dibatasi oleh berkurangnya mobilitas, tank masih memainkan peran penting dalam menciptakan celah untuk melacak unit lapis baja dan infanteri.

Alasan mengapa turtle tank ini dijuluki Super Turtle Tank karena Rusia sudah lebih dulu mengembangkannya. Tangki penyu yang dihasilkan cukup besar untuk menampung tempat tidur antena dan bahkan kandang generasi baru di dalam kandang logam yang disertakan. Super Turtle Tank ini bukan pengganti Turtle Tank yang selama ini belum terbukti efektif di medan pertempuran.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours