Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Profil pelajar Pancasila serta pengertian dan keutamaan keenam unsur tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini. Informasi tersebut perlu diketahui oleh pelajar Indonesia agar visi dan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat tercapai.

Baca juga: Jaga Persatuan dan Selalu Hidupkan Pancasila

Profil pelajar Pancasila tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Baca juga: Apakah Pancasila Masih Menjadi Definisi Kebijakan Publik?

Pada dasarnya pelajar Pancasila merupakan salah satu cara pelajar Indonesia mewakili potensi dunia yang berperilaku dan bekerja sesuai nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Produk yang Dipesan Rektor Dianggap Melawan Pancasila

Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama yaitu takut akan Tuhan, keterpisahan dari dunia, kerjasama, kemandirian, kreativitas dan berpikir kritis. Berikut penjelasan keenam faktor tersebut.

6 unsur profil siswa Pancasila1. Yakin dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pelajar Pancasila diharapkan memahami ajaran dan agama serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi landasan dalam membina perilaku yang baik baik terhadap Tuhan maupun terhadap sesama.

Baca juga: Cara Seru SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Perkuat Jati Diri Siswa Pancasila

2. Perbedaan global

Elemen kunci dari keragaman global mencakup kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi antar budaya dalam berinteraksi dengan orang lain, serta pemikiran dan tanggung jawab dalam melakukan sesuatu secara berbeda.

3. Kerja Sama

Pelajar Indonesia hendaknya dapat bekerja sama secara sukarela agar kegiatan dapat terlaksana dengan efisien, mudah dan mudah. Unsur-unsur kemitraan adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

4. Mandiri

Siswa harus mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang dicapainya. Aspek terpenting dari kemandirian adalah kesadaran diri dan pengendalian diri.

5. Kritik

Penting di sini untuk mampu mengorganisasikan fakta dan detail, menjalin hubungan antar data yang berbeda, menganalisis data, mengevaluasi dan menyimpulkan.

6. Kreativitas

Aspek terpenting dari kreativitas adalah pembangkitan ide orisinal dan produksi karya orisinal.

Dalam rangka mengenalkan Pancasila kepada siswa di sekolah dasar, Dewan Sekolah Dasar meluncurkan Gerakan Tunas Pancasila dan sebuah buku.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours