Berapa Harga Berlian Setengah Kilogram yang Ditemukan di Botswana? Ini Estimasinya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Perusahaan pertambangan Kanada Lucara Diamond Corp yang beroperasi di Botswana menemukan berlian terbesar kedua di dunia dengan berat sekitar setengah kilogram. Berapa harga berlian dalam rupiah?

Batu seukuran kepalan tangan itu diresmikan ke dunia oleh Presiden Botswana Mokwich Masisi pada Kamis, 22 Agustus 2024. Pemerintah Botswana menyebut berlian raksasa dengan berat 2.492 karat itu merupakan berlian terbesar kedua yang pernah ditemukan pada tahun 1905.

Presiden Mokgweetsi Masisi adalah salah satu orang pertama yang melakukan hal ini. Saya beruntung melihat waktu saya,” ujarnya seperti dikutip Associated Press, Sabtu (24/8/2024).

Sekalipun Anda mengetahui berat dan kandungan karatnya, masih terlalu dini untuk memperkirakan nilai berlian tersebut atau memutuskan bagaimana cara menjualnya. Sebagai perbandingan, berlian kecil lainnya dari tambang yang sama di Botswana dijual seharga $63 juta atau sekitar Rp970 miliar pada tahun 2016.

Ini adalah produk Botswana, kata Naseem Lahri, Presiden Lucara Diamond Corp.

Berlian seberat setengah kilogram ini ditemukan di tambang Karowe di Botswana tengah. Lucara mengatakan batu itu berkualitas sangat tinggi dan ditemukan dalam keadaan utuh. Berlian itu ditemukan menggunakan teknologi sinar-X yang dirancang untuk menemukan berlian berukuran besar dan bernilai tinggi.

“Kami sangat senang menemukan berlian 2.492 karat yang luar biasa ini,” kata William Lamb, Presiden dan CEO Lucara.

Bobotnya menjadikannya berlian terbesar yang ditemukan dalam 119 tahun, dan berlian terbesar kedua yang ditemukan di sebuah tambang setelah berlian Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Cullinan berukuran 3,106 karat, dan dipotong dengan batu mulia, beberapa di antaranya termasuk Permata Inggris.

Berlian hitam berukuran besar dan tidak murni ditemukan di Brasil pada akhir tahun 1800-an, tetapi berlian tersebut ditemukan di permukaan dan diyakini sebagai bagian dari meteorit.

Botswana, rumah bagi 2,6 juta orang di Afrika Selatan, adalah produsen berlian alami terbesar kedua setelah Rusia, dan telah menemukan semua batu terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tambang Karowe telah memproduksi empat berlian lagi dengan berat lebih dari 1.000 karat dalam satu dekade terakhir.

Sebelum penemuan ini, Berlian Sewelo yang ditemukan di Tambang Karowe pada tahun 2019 diakui sebagai berlian terbesar kedua di dunia dengan berat 1.758 karat. Berlian itu dibeli oleh rumah mode Prancis Louis Vuitton dengan harga yang dirahasiakan.

Berlian Lesedi La Rona seberat 1.111 karat, juga dari tambang Karowe di Botswana, dibeli oleh toko perhiasan Inggris seharga $53 juta pada tahun 2017. Berlian Karowe lainnya, The Constellation, terjual dengan rekor $63 juta.

Berlian terbentuk ketika atom karbon dikompresi di bawah tekanan tinggi di bawah tanah. Para ilmuwan mengatakan bahwa sebagian besar berlian setidaknya berusia 1 miliar tahun, dan ada pula yang lebih tua dari 3 miliar tahun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours