Gubernur optimistis PSN kawasan industri Toapaya tingkatkan ekonomi

Estimated read time 2 min read

Tanjung Pinang (ANTARA) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad optimistis Proyek Perencanaan Nasional (NPP) pengembangan Kawasan Industri Toapai di Bupati Bintan akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah federal yang telah mendukung program pembangunan perekonomian di Kepri, salah satunya dengan mendirikan beberapa PSN mulai dari Bintan hingga Batam,” kata Gubernur Ansar di Tanjung Pinang, Jumat.

Ansar mengatakan, pengembangan Kawasan Industri Toapaya merupakan bagian dari proyek perluasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Bintan yang fokus pada produksi alumina atau produk yang dihasilkan smelter bauksit di Indonesia.

Alumina sendiri merupakan bahan baku yang dapat diolah menjadi aluminium untuk kemudian diekspor ke Malaysia.

Menurut dia, KEK Galang Batang masih kekurangan lahan sehingga dipilih Toapaya sebagai opsi perluasan kawasan industri. Selain itu, KEK Galang Batang menargetkan investasi lagi sebesar Rp 30 triliun pada tahun 2024. Sebelumnya, pada tahun 2023, KEK Galang Batang fokus pada investasi Rp 20 triliun.

“Toapaja juga bisa dikembangkan sebagai kawasan industri pengolahan,” kata Ansar.

Gubernur Ansar mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan Kawasan Industri Toapaya karena diyakini proyek ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan persaingan, menyelenggarakan pembangunan daerah, dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan mengembangkan Pulau Poto di Bintan sebagai hub produksi migas.

“Kami berharap Presiden Joko Widodo dapat membuka lebih banyak PSN di Kepri, termasuk peresmian Monumen Pulau Penyengat di Tanjungpinang,” kata Ansar.

Ansar terus menegaskan, para pemimpin daerah, khususnya pimpinan Pemkab Bintan dan Pemkot Batam, bertanggung jawab terhadap PSN di Kepri.

Bersamaan dengan PSN di Bintan, pemerintah federal memutuskan untuk mengembangkan Kawasan Industri Pulau Galang, PSN Batam dan masa pemerintahan lainnya.

Pulau Galanga rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan industri, komersial, dan wisata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours