Desa Wisata Alahan Panjang suguhkan pemandangan alam yang mempesona

Estimated read time 3 min read

Solok (ANTARA) – Desa Wisata Danau Diateh (atas) Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan didukung kawasan perbukitan dan keberadaan Danau Diateh.

Ketua Pengelola Desa Wisata Alahan Panjang Vega Denia Surya, di Solok, Rabu, mengatakan daya tarik Desa Wisata Alahan Panjang adalah keindahan alamnya, didukung kawasan perbukitan dan keberadaan Danau Diateh yang merupakan bagian dari Danau Kembar. .

Tak hanya itu, Desa Wisata Alahan Panjang juga memiliki udara dan suhu yang dingin sehingga desa wisata ini sering disebut dengan Nagari dingin (desa tanpa salju).

Selain kekayaan alam, desa ini juga menawarkan tempat wisata buatan seperti pasar wisata tradisional Balai Sawah Tangah bertema kearifan lokal yang dibangun bersama pokdarwis dan masyarakat.

Pasar wisata tradisional ini terletak di tepian Danau Diateh, di Jorong Usak Nagari Alahan Panjang. Yang membuat pasar ini istimewa adalah pakaian yang dikenakan para pedagangnya, yaitu pakaian adat atau sering disebut saisuak (baju kuno).

“Berdagang di pasar ini hanya dapat menggunakan koin yang kami sediakan. Untuk mendapatkan koin tersebut, pengunjung dapat menukarkannya dengan uang atau tanpa uang dengan cara scan metode QRIS di pintu masuk Balai Sawah Tangah,” ujarnya.

Selain itu, Desa Wisata Alahan Panjang juga memiliki seni dan budaya, dan untuk menjaga kelestariannya, mereka bekerja sama antara ninik mamak, bundo biologis dan generasi muda Alahan Panjang.

“Kalau ekonomi kreatif (ekraf), sekarang selain pangan, kita juga punya kerajinan dari kayu. Hal ini terlihat pada bangunan dan villa yang ada di Desa Wisata Alahan Panjang,” imbuhnya.

Dari segi makanan, selain masakan tradisional, ia juga memiliki satu-satunya masakan masakan Broadcastang (nasi hitam cemban) di Indonesia dan bisa ditemukan di sini.

Dalam busana atau busana masa kini, para pokdarwi setempat membuat batik dengan motif lado kambuik (cabai) yang merupakan cabai asli Alahan Panjang dengan warna natural dari buah Alahan Panjang terong am asli berwarna biru kehijauan.

“Kami sudah mendapat hak paten motifnya dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan sedang kami lukis,” ujarnya.

Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang menyediakan akomodasi bagi wisatawan yang ingin bermalam, mulai dari guesthouse, wisma, villa dan hotel, serta untuk kamar mandi/toilet pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah disediakan fasilitas di seluruh kota wisata.

“Karena kini sudah memasuki era digital, Desa Wisata Alahan Panjang Danau Diateh memanfaatkan teknologi digital untuk promosi, pengelolaan, dan pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Desa Wisata Telaga Diateh Alahan Panjang juga mempunyai maskot yaitu naga yang diberi nama Nagote (Naga Telaga Diateh), hal ini didasarkan pada legenda terbentuknya telaga kembar, yang sebelumnya dikatakan seekor naga mati dan terciptalah dua telaga yang disebut. Danau Kembar.

Direktur Pengelolaan Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Florida Pardosi saat mengunjungi lokasi Desa Wisata Alahan Panjang mengapresiasi keindahan alam yang ditawarkan kota tersebut.

Ia juga mendapat ucapan selamat atas terpilihnya Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia pada Indonesia Village Awards 2024.

Ia berharap para pokdarwis setempat dapat mempertahankan prestasinya yang masuk dalam 50 desa wisata terpopuler di Indonesia dalam penghargaan Desa Wisata 2024.

Ia juga menyampaikan kepada pimpinan desa wisata bahwa tantangannya bukan masuk dalam 50 desa wisata terpopuler, namun bagaimana mereka bisa melestarikannya setelah menjadi 50 kota pertama mereka.

“Yang kita harapkan setelah ini kita akan bersama-sama dan bertekad untuk menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Florida juga berharap kedepannya ada program dari pemerintah setempat untuk lebih meningkatkan Desa Wisata Alahan Panjang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours