Kemenparekraf Prediksi Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Hasilkan 12 Ribu Pergerakan Wisatawan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengantisipasi perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 akan menampung 12 ribu wisatawan. gerakan.

“Kemenparekraf menargetkan akan ada 12.000 pergerakan pada perayaan tersebut (HUT RI ke-79),” kata Pakar Senior Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Adyatama Nia Niscaya dalam Weekly Brief bersama Sandi Uno di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. , Jakarta, Senin (6/10/2024).

Nia menjelaskan, penghitungan 12 ribu pergerakan wisatawan tersebut didapat dari daftar undangan, sumber daya manusia teknis, dan sejumlah pendukung acara yang bersangkutan.

Kendati demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan dampak ekonomi yang ditimbulkan dari perayaan HUT ke-79 berdirinya Republik Indonesia.

“Perhitungan ini berdasarkan daftar tamu, kemudian SDM teknis terkait dan juga pendukung acara,” jelasnya.

“Tentunya untuk melihat dampak ekonominya, kita perlu waktu untuk mengkajinya,” lanjutnya.

Di sisi lain, Kemenparekraf tengah melakukan rangkaian persiapan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN. Hingga saat ini, Kemenparekraf sedang berkoordinasi dengan pihak pendukung, termasuk Sekretariat Kementerian Negara.

“Sering ditanyakan masyarakat, jadi diesnya bukan IKN? Tapi yang jelas Kemenparekraf sejauh ini terus berkoordinasi dengan Mensesneg dan pihak-pihak yang mendukungnya,” ujarnya.

Nia kemudian memaparkan sederet makalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada perayaan tersebut. Mulai dari persiapan acara seni, side event, hingga pembuatan aktivasi galeri MIME.

“Bagaimana peran Kemenparekraf dalam memeriahkan 79 tahun kemerdekaan di IKN? Ada empat hal, pertama pentas seni dalam acara ini, kemudian juga realisasi kol·side, ketiga, tentunya bersama ADG kami membuat logo perayaan dan juga mengaktifkan galeri MIME di poros nasional. Ini yang bisa kami lakukan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours