Wacana Motor Wajib Pasang Rem ABS, Begini Kata Honda

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Belakangan ini ramai dibicarakan mengenai keharusan pemerintah Malaysia agar sepeda dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System). Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat pengereman mendadak.

Menyikapi hal tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung apakah pemerintah Indonesia mewajibkan sepeda menggunakan rem ABS. Mengingat kini sebagian besar produk Honda di Indonesia sudah dilengkapi ABS.

Octavianus Dwi, Business Manager PT AHM di Cikarang, Jawa Barat, baru-baru ini mengatakan: “Untuk saat ini, kami masih menunggu kesiapan pihak berwenang dan undang-undang untuk mendukungnya. Ini terkait dengan keamanan.”

Octa mengatakan kecelakaan mobil di Indonesia masih tinggi. Sayangnya, banyak sekali masalah yang disebabkan oleh rem, entah itu rem blong karena penggunaan terus-menerus, atau ban kempes karena rem terkunci di jalan licin atau berpasir.

“Salah satu yang terjadi di Indonesia adalah dengan sepeda, menghentikan mobil juga bisa menjadi hal yang penting. Tapi menurut saya banyak hal. Bukan hanya sepeda motor. Keselamatan juga mempengaruhi pengendara itu sendiri,” ujarnya.

Namun penggunaan fitur ABS pada rem sepeda motor mempengaruhi harga jual kendaraan itu sendiri. Perhatikan bahwa opsi ini hanya tersedia pada varian teratas dari model tertentu.

Kalau kita lihat sekarang, harga ABS akan berbeda. Lihat saja model CBS dan ABS. Tapi sekali lagi, kita masih menunggu arahan dan kewenangannya. ., seperti KNKT atau Kementerian Perhubungan dan sebagainya (Kemenhub)”.

Misalnya saja Honda Vario 160 tipe CBS Grande yang dibanderol Rp 27,6 juta. Sedangkan merek ABS dijual dengan harga Rp 30,2 juta, sekitar Rp 3 juta di atas selisih satu level di bawahnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours