Surel berisi ancaman bom dikirimkan ke 100 lembaga Yahudi di Kanada

Estimated read time 2 min read

Trenton, Kanada (ANTARA) – Lebih dari 100 sinagoga, organisasi Yahudi, dan rumah sakit di kota-kota padat penduduk di Kanada menerima ancaman bom melalui email atau surat elektronik pada Rabu (21/8), termasuk Toronto, Montreal, dan Ottawa.

Polisi Ottawa ditempatkan di beberapa rumah sakit, namun Royal Canadian Mounted Police (RCMP) memimpin penyelidikan di seluruh Kanada, kata polisi Ottawa kepada CBC News.

Organisasi Yahudi B’nai Brith mengatakan email yang diterima Rabu pagi berisi ancaman akan mengebom kantornya di Montreal dan Toronto. Polisi Montreal menyelidiki dan menggeledah kantor-kantor ini.

“Tim tidak melihat adanya ancaman langsung,” kata Sabrina Gauthier dari kepolisian Montreal.

Di Ottawa, Rumah Sakit Queensway Carleton menerima email tersebut dan penyelidikan penuh telah dilakukan tetapi tidak ada yang ditemukan, kata juru bicara polisi.

Departemen Kepolisian Toronto (TPS) telah mengkonfirmasi bahwa ancaman telah dilakukan melalui email kepada organisasi Yahudi di seluruh Kanada.

Namun setelah menggeledah gedung tersebut, polisi tidak menemukan alat peledak.

“Hari ini TPS tanggapi bangunan.. karena ancaman bom. Bangunan dievakuasi sebagai pengamanan dan dievakuasi,” tulis TPS di X.

Julien Corona, juru bicara Federasi Yahudi CJA, mengatakan tujuan email tersebut adalah untuk menanamkan rasa takut pada komunitas Yahudi Kanada.

“Mereka ingin menakut-nakuti dengan cara yang emosional dan kasat mata. Dengan membicarakan hal-hal yang menjijikkan, tujuannya adalah untuk menakut-nakuti agar komunitas Yahudi tidak merasa aman di tempat yang seharusnya merasa aman,” kata Julien Corona.

Corona menegaskan ancaman bom tersebut tidak dapat diterima dan ia melihatnya sebagai bukti bangkitnya anti-Semitisme di negaranya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menyatakan kemarahannya atas laporan bahwa lebih dari 100 pusat Yahudi di seluruh Kanada telah menerima email ancaman bom.

“Saya marah dengan laporan bahwa lebih dari 100 pusat Yahudi di Kanada menjadi sasaran ancaman hari ini. Ini adalah anti-Semitisme yang terang-terangan,” tulis Trudeau di X.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours