5 Kisah Paling Menyeramkan di Rumah Sakit, Perawat Kejam hingga Pasien Mati Membeku

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Banyak cerita seram yang terjadi di rumah sakit, yang mungkin belum Anda ketahui. Beberapa di antaranya sangat buruk di Amerika Serikat.

Ya, Amerika mempunyai sejarah yang rumit dan kontroversial dalam merawat penduduknya yang menderita gangguan jiwa. Perawatan biasanya terdiri dari mengisolasi penderita gangguan jiwa dari masyarakat, sehingga pasien tersebut sering menjadi korban penelantaran atau kejahatan yang lebih buruk.

Kisah-kisah menakutkan di rumah sakit1. Suaka Pennhurst, Kota Musim Semi, PA

Pennhurst Asylum, Spring City, PA mungkin adalah rumah sakit paling terkenal di Amerika, dibuka pada tahun 1908 sebagai sekolah umum untuk penyandang cacat fisik dan mental. Namun pihak rumah sakit tidak menepati janjinya. Pada tahun 1968, reporter NBC10 Bill Baldini mengungkap kondisi yang mengerikan dan tuduhan kelalaian.

Dua puluh tahun kemudian, sembilan anggota staf didakwa melakukan kejahatan mulai dari memukul dan menganiaya pasien hingga mengatur serangan pasien terhadap satu sama lain.

Sebuah laporan menyatakan bahwa anak-anak yang menggigit anak-anak lain akan diberi peringatan pertama, dan setelah peringatan kedua, gigi akan dicabut. Rumah sakit tersebut ditutup secara permanen setelah hakim federal memutuskan pada tahun 1977 bahwa fasilitas tersebut melanggar hak konstitusional pasien.

2. Rumah Sakit Jiwa Athena, Athena, OH

Suaka Athena didirikan pada tahun 1874 dan terkenal karena merawat wanita dengan masalah yang berkaitan dengan apa yang dulu disebut “histeria” – nama yang diberikan untuk kondisi medis di mana wanita “menderita” hasrat dan emosi seksual yang intens.

Antara tahun 1968 dan 1970, sebanyak 132 pasien wanita dinyatakan gila akibat masalah tersebut, termasuk ‘gangguan menstruasi’.

Para wanita ini menjalani perawatan mulai dari pembekuan, sengatan listrik, tendangan, dan bahkan lobotomi.

Salah satu wanita tersebut adalah Margaret Schilling, yang ditemukan tewas pada tahun 1978 di loteng rumah sakit jiwa tempat dia dipenjara dan diduga kelaparan. Dia ditemukan sebulan setelah kematiannya. Konon jenazahnya masih tergeletak di tanah. Fasilitas ini ditutup secara permanen pada tahun 1993.

3. Rumah Sakit Negeri Taunton

Rumah Sakit Negeri Taunton didirikan pada tahun 1854 dan menampung banyak pasien berbahaya, termasuk Jane Toppan yang terkenal, seorang perawat pembunuh berantai yang membunuh sedikitnya 31 pasien sebelum dirawat di rumah sakit jiwa.

Ada banyak mitos yang beredar tentang praktik rumah sakit yang dipertanyakan. Salah satu dari mereka menyatakan bahwa beberapa staf medis adalah anggota aliran sesat dan memanfaatkan pasien dalam ritual setan yang dilakukan di ruang bawah tanah rumah sakit. Rumah sakit ditutup pada tahun 1975.

4. Rumah Sakit Negeri Danvers, Danvers, MA

Rumah Sakit Negeri Danvers dibangun pada tahun 1878 di lokasi John Hawthorne, seorang hakim terkemuka.

Staf di Danvers State Hospital menggunakan metode mengerikan untuk merawat pasien, mulai dari penggunaan jaket pengekang dan terapi kejut hingga lobotomi besar-besaran. Departemen ini adalah lokasi syuting film horor ‘Session 9’ tahun 2001. Rumah sakit ditutup secara permanen pada tahun 1992.

5. Pusat Rumah Sakit Kabupaten Essex, Cedar Grove, NJ

Essex County Hospital Center memiliki gedung sederhana yang dibuka pada tahun 1896. Namun, setelah beroperasi, perusahaan ini menunjukkan tanda-tanda awal adanya pengabaian yang serius. Ada kejadian pada tahun 1917 ketika 24 pasien meninggal di tempat tidurnya sendiri.

Fasilitas tersebut, yang sudah mengalami masalah kepadatan yang serius pada tahun 1930an dan 1940an, menjadi hampir tidak dapat dihuni setelah Perang Dunia II, ketika ribuan tentara dirawat karena PTSD yang dirahasiakan. Dilaporkan lebih dari 150 pasien hilang selama periode ini. Rumah sakit ini ditutup secara permanen pada tahun 1975.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours