Apple berencana produksi lebih banyak iPhone Pro dan ProMax tahun ini

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pada bulan September nanti, Apple akan menghadirkan smartphone barunya yakni seri iPhone 16, dan kabar terkini menunjukkan bahwa untuk seri tersebut, perusahaan berencana menambah produksi pada varian Pro dan ProMax.

Kabar yang dilansir GSM Arena, Sabtu (24/8), mengungkap tingginya produksi tersebut dibandingkan dengan kondisi produksi dan keputusan yang diambil Apple pada tahun 2023 untuk seri iPhone 15.

Informasi dari rantai pasokan yang tidak disebutkan namanya menunjukkan bahwa mulai tahun 2024 Apple akan memproduksi sekitar 90,1 juta iPhone, sedikit lebih banyak dari target tahun lalu sebesar 86,2 juta.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini berencana memproduksi lebih banyak varian Pro Max yakni 37 persen dari total varian yang akan dibuat.

Dengan kata lain, varian Pro Max akan tersedia sebanyak 33,2 juta unit, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan iPhone 15 Pro Max tahun lalu sebanyak 24,2 juta unit.

Sementara itu, 26,6 juta varian 16 Pro reguler diperkirakan akan diproduksi dengan total pangsa 30 persen pada tahun ini, dari 21,8 juta model 15 Pro yang diproduksi tahun lalu.

Membahas varian standar bukan Pro, perusahaan menargetkan produksi mencapai 33 persen dari total produksi, dengan iPhone 16 standar mengalami sedikit peningkatan dari 21,8 juta unit pada tahun 2023 menjadi 24,5 juta pada tahun 2024 atau sebesar 27 persen.

Secara keseluruhan, iPhone 16 Plus mengalami perlambatan produksi. Diketahui produk yang akan dibuat hanya 5,8 juta unit, artinya produksi seri iPhone 16 hanya enam persen. Sebagai acuan, rencana produksi iPhone 15 Plus tahun lalu sebanyak 8,5 juta.

Tentu saja rencana selalu bisa berubah tergantung permintaan, namun yang jelas permintaan model Plus semakin menurun setiap tahunnya, sehingga rumor Apple akan menggantinya dengan varian iPhone lain di masa mendatang mungkin ada benarnya.

Peningkatan produksi iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max menunjukkan peningkatan pendapatan Apple karena merupakan model termahal dalam portofolio perusahaan dan juga dapat membawa margin keuntungan yang besar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours