Operasional Haji Berakhir, 62 Jemaah Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Operasi pemulangan jemaah haji ke Indonesia telah selesai. Hingga Senin (22/7/2024) pukul 01.00 waktu Arab Saudi, jumlah jemaah haji dan petugas yang sudah kembali ke Indonesia berjumlah 213.568 orang. Mereka adalah anggota dari 548 kelompok penerbangan (omong kosong).

Widi Dwinanda, Anggota Media Center Kementerian Agama, mengatakan sebanyak 316 jemaah haji dengan rombongan (kloter) 30 asrama Kertajati (KJT-30) merupakan rombongan terakhir yang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz. . (AMAA) Medina di Bandara Kertajati Jawa Barat, serta penutupan operasional kembalinya kotamadya tersebut ke Indonesia.

Dan hingga berakhirnya operasi repatriasi, sebanyak 461 jemaah reguler meninggal dunia pada musim haji tahun ini, kata Widi dalam keterangan resmi Kementerian Agama di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Sedangkan jemaah haji yang berjumlah 62 orang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), di Jeddah, Mekkah, dan Madinah, kata Widi, Senin (22/7/2024).

“Seluruh jemaah haji yang masih mendapat perawatan di RSAS tetap menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia hingga jemaah dapat kembali ke negara asalnya,” kata Widi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours