NASA Tahu Cara Kembalikan Astronot yang Terjebak di Stasiun Luar Angkasa ISS

Estimated read time 2 min read

NEW YORK – NASA pada hari Sabtu memutuskan untuk mengembalikan pesawat luar angkasa Boeing Starliner ke Bumi pada bulan September, sementara pensiunan astronot Butch Wilmore dan Sunita Williams akan tetap berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hingga Februari.

“Kembalinya pesawat luar angkasa tanpa awak akan memungkinkan NASA dan Boeing untuk terus mengumpulkan data uji Starliner selama penerbangan berikutnya, sekaligus meminimalkan risiko yang tidak perlu bagi awaknya,” kata NASA dalam pernyataan yang dilansir Xianhua, Minggu (25/8/2024). .

Astronot NASA Wilmore dan Williams tiba di ISS pada 6 Juni dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Boeing Starliner.

Mereka dijadwalkan kembali setelah delapan hari, namun terdampar di luar angkasa selama lebih dari dua bulan karena masalah teknis dengan pesawat ruang angkasa yang terlibat.

NASA dan Boeing menemukan kebocoran helium dan masalah dengan pendorong kendali reaksi pesawat ruang angkasa pada 6 Juni ketika Starliner mendekati stasiun luar angkasa.

NASA menyatakan Wilmore dan Williams akan melanjutkan tugas resmi mereka hingga Februari 2025.

Mereka akan kembali ke Bumi dengan menggunakan pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon bersama dua anggota lainnya yang ditugaskan untuk misi grup SpaceX Crew-9.

Untuk memastikan bahwa ruang docking di ISS tersedia untuk misi Crew-9, Starliner diperkirakan akan memasuki kembali atmosfer bumi secara otonom dan terkendali pada awal September sebelum misi Crew-9 diluncurkan, menurut POT .

Misi Crew-9 yang semula direncanakan membawa empat awak akan diluncurkan pada Selasa, 24 September.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours