Sandiaga Uno: Indonesia Peringkat Satu Destinasi Pariwisata Halal Terbaik Dunia

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indonesia kini menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia.

“Kita kini menduduki peringkat satu dunia pariwisata muslim sebagai destinasi wisata halal terbaik,” kata Sandiaga di Hotel Four Seasons Jakarta, Sabtu (6/8/2024) usai mengantar tamu haji Raja Salman.

Sandi mengatakan pihaknya saat ini sedang menjajaki kerja sama pariwisata dengan Kerajaan Arab Saudi. Apalagi saat musim haji tahun 2024 mendatang, karena menurutnya akan banyak warga Arab yang berlibur ke Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia mendapat 241.000 kuota pada tahun ini yang mencakup 213.320 jemaah haji reguler dan 27.684 jemaah haji khusus. Jamaah haji reguler dibagi menjadi 554 kloter terbang yang berangkat secara bertahap dalam dua gelombang. Sandiaga berharap kesenjangan tersebut bisa diisi dengan mendatangkan warga Saudi ke Indonesia untuk berlibur.

“Kami juga sedang menjajaki kerja sama untuk mengisi kursi kosong jemaah haji (Indonesia) di sana. Mengingat banyak warga Saudi yang berlibur pada musim haji, kami berharap kerja sama ini dapat diperluas di tahun-tahun mendatang.”

“Kami ingin tahun ini jumlahnya lebih dari 100.000 karena setidaknya separuh dari 241.000 jemaah Indonesia akan menunaikan ibadah di sana dan kunjungan pariwisata dari Arab Saudi ke Indonesia akan meningkat,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan, Indonesia melakukan berbagai persiapan, termasuk menawarkan destinasi wisata favorit bagi wisatawan asal Arab Saudi.

“Ya karena sebelum pandemi kita belum mencapai jumlah kunjungan, jadi kita ada persiapan khusus, termasuk persiapan destinasi favorit.

Dimana Bali masih menjadi destinasi favorit. Tempat wisata juga ada di provinsi Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jakarta. “Delegasinya sudah sedikit, atraksi serunya masih sangat sedikit, tapi kita berharap terus bertambah,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia akan mempersiapkan kerja sama formal melalui Dewan Pariwisata PBB di Barcelona minggu depan, kata Sandi. Sandiaga memperkirakan kesepakatan itu bisa terealisasi tahun depan.

“Kami berharap bisa membuat kesepakatan dengan wisatawan Arab Saudi untuk mengisi kursi kosong mulai tahun depan.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours