Sembilan Mahasiswa Indonesia Raih Beasiswa S2 dan S3 ke Taiwan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sembilan pelajar Indonesia berhasil menerima beasiswa dari pemerintah Taiwan melalui “Taiwan ICDF International Scholarship Program”. Mereka akan melanjutkan studi gelar kedua (S2) dan gelar ketiga (S3) di berbagai bidang profesi mulai dari pertanian, teknik, penanggulangan bencana, perencanaan wilayah dan tata kota hingga bidang pendidikan.

Pada tanggal 20 Agustus 2024, Kantor Perekonomian dan Perdagangan Taipei, Jakarta, Indonesia menyelenggarakan “Wawancara Pertama Mahasiswa Penerima Beasiswa ICDF dari Taiwan” yang dibuka dengan sambutan Duta Besar John Chen. Atas nama Kementerian Luar Negeri Taiwan, Duta Besar John Chen menyerahkan beasiswa kepada sembilan pelajar Indonesia.

Dalam pidato singkatnya, Duta Besar John Chen mendorong para pelajar untuk memanfaatkan kesempatan belajar di Taiwan sebaik-baiknya. Ia juga mengharapkan mereka pergi ke berbagai daerah di Taiwan untuk belajar tentang budaya dan tradisi Taiwan, serta bergabung dengan kelompok mahasiswa di universitas dan kelompok alumni Taiwan di berbagai platform media sosial.

Duta Besar John Chen berharap setelah para mahasiswa ini lulus dari universitas, baik tinggal di Taiwan atau kembali ke Indonesia, mereka akan terus terhubung satu sama lain dan menjadi jembatan penting untuk meningkatkan hubungan antara Taiwan dan Indonesia.

Sembilan mahasiswa Indonesia penerima beasiswa tersebut akan kuliah di National Taipei University, National Chung Cheng University, National Central University, National Sun Yat-sen University, Cheng Kung University yang berada di bawah National Pingtung University untuk gelar Master (S2) dan Master (S3). dalam profesi yang berbeda. Beberapa di antaranya di bidang pertanian, teknik mesin, penanggulangan bencana, perencanaan wilayah dan kota, serta pendidikan.

Semua kelas diajarkan dalam bahasa Inggris. Sesi informasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa penerima beasiswa Indonesia mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Taiwan, dan menjelaskan segala peraturan terkait beasiswa, mempelajari kehidupan di Taiwan, dan pedoman keselamatan selama berada di Taiwan.

Saat ini terdapat lebih dari 16.000 pelajar Indonesia yang belajar di Taiwan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara pelajar terbesar kedua di Taiwan. Banyak siswa yang menerima beasiswa setelah lulus dan kembali ke Indonesia menjadi lebih berpengalaman dan mendapatkan teman yang mendukung Taiwan di seluruh dunia.

Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia akan terus mendorong pelajar Indonesia untuk belajar di Taiwan, mempromosikan pendidikan bahasa Mandarin yang dilakukan pemerintah Taiwan di seluruh dunia, dan memberikan beasiswa untuk gelar master (S1), master (S2) dan studi gelar ketiga (S3) di Taiwan.

Taiwan menyambut pelajar Indonesia yang berbakat untuk mendaftar guna mendapatkan kesempatan belajar di Taiwan, untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan pelajar muda Indonesia tentang Taiwan, dan untuk mempromosikan pertukaran antara pelajar berbakat Taiwan dan Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours