UKM dan 8 Universitas Malaysia Buka Pusat Kegiatan Pendidikan Tinggi di PIK 2 Tangerang

Estimated read time 3 min read

TANGERANG – Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) bersama 8 universitas ternama lainnya di Malaysia membuka pusat pendidikan tinggi di PIK 2, provinsi Tangerang. Action Center kini resmi beroperasi dan memiliki banyak program studi, termasuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi Magister dan PhD di negara tetangga.

Diketahui bahwa pendidikan merupakan fondasi terpenting bagi pembangunan suatu negara. Salah satu perkembangan yang terjadi di Malaysia saat ini adalah hasil kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Malaysia di masa lalu.

Oleh karena itu, UKMShape mendirikan pusat dukungan pendidikan tinggi dengan 8 universitas di Malaysia dan bermitra dengan PT Edvan Idegaia Solution untuk masyarakat Indonesia.

Kedelapan kampus tersebut adalah Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Teknologi Mara (UiTM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Malaysia Kelantan (UMK), Universiti Pendidikan Sutan Idris (UPSI), Multimedia University (MMU), Spectrum International University . Perguruan Tinggi (SIUC) dan Universitas Cyberjaya (UOC).

“Pusat dukungan pendidikan ini merupakan one stop solution bagi pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia. Terbuka untuk umum dan dapat berdiskusi tentang proses penerimaan, kelayakan dan bidang studi,” kata rektor UKM. . Prof Dato’ Dr Ekhwan bin Haji Toriman, Kamis (8/8/2024).

Pusat penunjang pendidikan ini tidak memiliki proses rekrutmen siswa atau tempat belajar. Dato’ Ekhwan juga menjelaskan, proses perizinan saat ini diserahkan kepada instansi terkait pemerintah Indonesia.

Kedepannya diharapkan Pusat Penunjang Pendidikan menjadi pusat pendidikan. – Ruang kelas gedung digunakan sebagai tempat kegiatan kerjasama pendidikan dengan Indonesia, seperti seminar dan diskusi terkait program kerjasama Indonesia dan Malaysia, jelasnya.

Selain itu juga dibuka Pusat Spesialis UKM yang dapat menjadi pusat konsultasi bagi masyarakat di bidang medis. Pusat Dukungan Pendidikan ini didukung oleh Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia dan EMGS atau Education Malaysia Global Services. – Sebelumnya kami juga sudah bekerja sama dengan Universitas Pajajaran selama 14 tahun, ujarnya.

Universiti Kebangsaan Malaysia adalah salah satu universitas terbaik di Malaysia, peringkat 5 terbaik di Asean dan peringkat 138 oleh QS. Sementara itu, UKMShape merupakan pusat pendidikan tinggi dan vokasi, sebuah lembaga – lembaga di bawah UKM yang mengelola sektor internasional. kerja sama.

“Pada tahun 2024 juga, UKM akan membuka kampus perwakilan di Qatar, Uni Emirat Arab. Hal ini juga akan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Malaysia untuk meningkatkan kualitas pendidikan humaniora,” jelasnya.

Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Zambry Abdul Kadir yang hadir dalam pembukaan tersebut mengatakan, kehadiran perguruan tinggi di Indonesia bukan dimaksudkan untuk menciptakan persaingan dengan lembaga pendidikan lokal, melainkan untuk mendukung lingkungan pendidikan. Zambry mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan kontak dengan pemerintah Indonesia terkait pelaksanaan pelatihan ini.

– Alhamdulillah ini kerjasama antar negara, pertanda kerjasama yang sudah berkembang dengan baik. untuk waktu yang lama,” kata Zambry.

Menurutnya, mahasiswa Malaysia sudah lama datang ke Indonesia untuk belajar di berbagai universitas. Seperti halnya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung Sumatera juga mempunyai lulusan dari berbagai universitas di berbagai bidang.

Contoh kerjasama yang dilakukan saat ini adalah kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam Program Double Degree Kedokteran sejak tahun 2007. “Padahal masih banyak mahasiswa Malaysia yang kuliah di sini,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours