5 Jurusan Soshum yang Lulusannya Paling Banyak Dibutuhkan BUMN, Gaji Besar Aman

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Inilah daftar 5 program pendidikan tinggi dari kelompok Sosial dan Sumber Daya Manusia yang lulusannya paling banyak diminati BUMN. Setiap tahunnya, hampir seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan kerja. Tahun ini tidak terkecuali.

Lalu kualifikasi gelar apa yang dibutuhkan untuk lowongan BUMN? Berdasarkan daftar persyaratan pendidikan, setidaknya ada 4 jurusan yang paling banyak diminati oleh perusahaan pelat merah dari jurusan Sosial dan Humaniora (Soshum). apa itu Dirangkum dari akun Tik Tok @vmuliana, artikel kali ini akan mengulasnya, simak yuk!

5 Perguruan Tinggi Sosial dan Kemanusiaan Institusi yang lulusannya paling dibutuhkan BUMN

1. Ekonomi dan bisnis

Setiap BUMN pasti membutuhkan jurusan ini untuk mengisi divisi administrasi bisnis, pemasaran atau pengembangan usaha.

2. Yurisprudensi

Lulusan hukum sangat diminati untuk ditempatkan di divisi hukum perusahaan, portofolio, dan SDM.

3. Desain

Seperti desain grafis atau desain komunikasi visual (DKV) Mereka akan ditempatkan di departemen sekretaris perusahaan, komunikasi korporat atau CSR.

4. Psikologi dan administrasi bisnis atau perdagangan

Lulusan ini biasanya ditempatkan di perusahaan-perusahaan milik negara, di divisi SDM atau Umum.

5. Ilmu komunikasi

Saat ini, citra suatu perusahaan sangatlah penting. Karena itu, BUMN membutuhkan banyak alumni ilmu komunikasi.

Mereka akan ditempatkan sebagai tim PR atau kreatif yang bertanggung jawab dalam pembuatan konten di media sosial perusahaan.

BUMN memberikan gaji yang besar kepada lulusan baru

1.Telkom

Diperkirakan Telkom menawarkan gaji di kisaran Rp 8-10 juta. Khusus bagi karyawan yang masuk melalui program Management Trainee (MT), gaji yang ditawarkan berkisar Rp 7 – 8 juta.

Untuk posisi Senior Manager, perusahaan plat merah yang bergerak di bidang telekomunikasi ini menggaji karyawannya Rp 39 – 42 juta per bulan. Bahkan untuk posisi manajer produk, perusahaan berani memberikan gaji di kisaran Rp 88 juta hingga 94 juta.

2. BTN

Beberapa bank juga biasanya membuka program ODP atau Officer Development Program. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang baru saja lulus atau baru saja lulus. Estimasi gaji BTN untuk program ini bisa berkisar Rp6 juta hingga Rp8 juta.

3.Bank Mandiri

Selain BTN, Officer Development Program atau program ODP Bank Mandiri juga memiliki gaji yang menarik bagi para pencari kerja. ODP Bank Mandiri diperkirakan memiliki gaji sekitar Rp 6 juta per bulan.

Bagi pelamar yang melalui jalur MT Bank Mandiri, gaji yang ditawarkan berkisar Rp5,3 juta hingga Rp6 juta per bulan. Sedangkan level stafnya mencapai Rp 10 juta per bulan. Untuk level manajer bisa dari Rp 27 hingga 30 juta, dan level manajer cabang dari Rp 68 – 74 juta per bulan.

4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Selain Mandiri, BRI menduduki peringkat sebagai bank BUMN yang memberikan gaji terbaik kepada pegawainya. Untuk level staf, gaji yang ditawarkan berkisar Rp4 hingga 6 juta per bulan.

Kemudian posisi quality assurance Rp 19,5 juta, manajer cabang Rp 22,8 juta, level manajer lebih tinggi mencapai Rp. Sedangkan gaji tertinggi BRI dipegang oleh dewan direksi yakni sebesar Rp 220 juta per bulan.

5. Pertamina

Gaji pegawai Pertamina bervariasi antara Rp4 – 7 juta. Untuk tingkat administrasi hingga teknik berkisar Rp 19 hingga 22 juta. Sedangkan untuk site engineer sekitar Rp 30 juta – Rp 33 juta, untuk manajer pengeboran mencapai Rp 55 juta.

Sedangkan estimasi gaji Fresh Graduate yang ditaksir Pertamina berkisar Rp4 juta hingga Rp8 juta. Namun perlu diperhatikan, gaji yang diterima pekerja Pertamina di atas belum termasuk tunjangan lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours