Selain Brokoli, Ini Daftar Sayuran yang Bisa Mengatasi Asam Urat

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Beberapa sayuran menjadi pilihan yang baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Namun, ada beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari penderita asam urat karena mengandung purin dalam jumlah tinggi.

Purin merupakan senyawa yang terdapat pada makanan tertentu, seperti daging merah, makanan laut, dan makanan yang mengandung fruktosa.

Mengonsumsi makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dan berpotensi menimbulkan gejala seperti nyeri sendi dan bengkak pada orang yang rentan.

Lalu sayuran apa saja yang aman untuk penderita asam urat? Brokoli merupakan sayuran rendah purin dan mengandung senyawa bermanfaat dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Brokoli juga kaya nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan, yang mendukung kesehatan secara keseluruhan dan dapat meringankan asam urat.

Selain brokoli, ada beberapa makanan terbaik untuk asam urat. Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

1. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang rendah purin dan tinggi air, sehingga mampu membantu mengeluarkan asam urat dalam tubuh.

Sayuran ini hanya mengandung 7,3 miligram purin per 100 gramnya, sehingga mentimun merupakan pilihan yang baik untuk mencegah asam urat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran purin yang kaya akan vitamin dan mineral. Penelitian menunjukkan bahwa asparagus tidak meningkatkan risiko asam urat atau kambuhnya asam urat.

3. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung, dan sawi rendah purin serta tinggi vitamin dan mineral. Sayuran ini merupakan pilihan yang baik untuk diet anti asam urat.

4. Kembang kol

Kembang kol merupakan sayuran rendah purin yang kaya akan vitamin dan mineral. Kembang kol juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang mengurangi stres oksidatif dan keberadaan radikal bebas dalam tubuh kita, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita asam urat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours