Negara-negara Kepulauan Pasifik Terancam Punah

Estimated read time 1 min read

London – Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) telah memperingatkan bahwa permukaan laut di Samudra Pasifik lebih tinggi dari rata-rata global, sehingga mengancam negara-negara dataran rendah.

“Nilai rata-rata tahunan dalam tiga dekade terakhir adalah 3,44 milimeter. “Data terbaru menunjukkan tingkat pertumbuhan tertinggi di Pasifik, Utara, dan Timur Australia,” laporan keadaan iklim regional tahun 2023 dipresentasikan pada konferensi di Tonga.

Naiknya permukaan air laut telah menyebabkan banjir pesisir di wilayah seperti Kepulauan Cook dan Polinesia Prancis sejak tahun 1980an.

“Tahun lalu, dilaporkan lebih dari 34 badai dan banjir berbahaya di Samudera Pasifik. Fik yang menewaskan lebih dari 200 orang. Hanya sepertiga pulau-pulau kecil di perairannya yang memiliki sistem peringatan dini.

Dampaknya tidak sama karena rata-rata ketinggian negara-negara di kawasan itu sekitar satu atau dua meter di atas permukaan laut, jelasnya.

Saat ini, Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo menilai lemahnya pengendalian aktivitas manusia telah melemahkan kapasitas laut dan merupakan situasi yang sangat berbahaya di masa depan.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bapak Antonio Guterres, yang mengirimkan sinyal iklim global ‘SOS’, ‘Selamatkan laut kita’ setelah dampak pemanasan global mulai terasa. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours