KKN Mahasiswa Undip Kenalkan Fungsi NIB kepada UMKM

Estimated read time 3 min read

SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) mengirimkan ribuan mahasiswanya untuk program KKN di banyak wilayah perkotaan di Jawa Tengah. Penerapannya ditujukan pada berbagai bidang, salah satunya perekonomian.

Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Tahun 2023-2024 ditinggal Rektor Undip pada tahun 2024. Pada 10 Juli lalu, Wakil Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat LPPM Undip, Achmad Zulfa Juniarto, mengatakan sebanyak 7.254 mahasiswa mengikuti KKN tahun ajaran 2023/2024.

Baca juga: Di KKN Sukabumi, Mahasiswa Budi Luhur Bantu Hiasi Situs Desa Wisata Hanjeul

“Mahasiswa program KKN siap melaksanakan 5 aspek KKN, yaitu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terpadu; kedua pendekatan interdisipliner dan komprehensif; ketiga lintas disiplin ilmu; keempat pendekatan luas. dimensi yang kelima adalah keterlibatan aktif masyarakat,” ujarnya dikutip dari LPPM Undip, Minggu (08-11-2024).

Pada program KKN 2 tahun tim Undip tahun 2023-2024 di desa Jungke kabupaten Karanganyar, terlihat cukup banyak masyarakat di desa Jungke yang menggeluti usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Permasalahannya, sebagian pelaku UMKM belum memahami manfaat, fungsi dan pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB). Berdasarkan hasil observasi tersebut, Poltak Binsar Simanjuntak salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mulai memberikan edukasi kepada sejumlah UKM dengan memberikan penjelasan, memberikan brosur dan pendampingan kepada UKM yang ingin mendirikan bank investasi publik.

Berdasarkan UU Tahun 2008 No. 20 Dalam pengertian usaha mikro, kecil, dan menengah, UKM adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan dan/atau perorangan yang memenuhi kriteria usaha sangat kecil yang didirikan dengan undang-undang.

Sedangkan Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah pendaftaran/pendaftaran pelaku usaha untuk kegiatan usaha dan identitas pelaku usaha.

Secara fungsional, selain untuk menjamin keabsahan usaha, NIB juga diperlukan saat mengajukan izin usaha lainnya, seperti sertifikat Halal. Jadi memiliki NIB sangat penting saat memulai bisnis karena juga membantu meningkatkan kredibilitas bisnis.

“Akronim NIB adalah singkatan dari Nomor Induk Berusaha, sehingga berguna untuk pengurusan izin usaha lainnya,” kata Didi, salah satu pelaku UMKM.

Setelah terbitnya UU No. 11 tentang Penciptaan Lapangan Kerja yang dirumuskan lebih tepat pada tahun 2021. Peraturan Pemerintah No. 5 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko, pemerintah menerapkan OSS – RBA (Internet Single Submission Risk Based Approach). ) sistem.

Izin usaha OSS atau INI diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan melaksanakan kegiatan usaha, yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Sistem OSS merupakan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang dikelola dan dikelola oleh otoritas OSS (Kementerian Investasi/BKPM).

Poltak menjelaskan, kegiatan edukasi ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin yang dilakukan secara door to door atau tatap muka kepada para pelaku UMKM di Desa Jungke dengan menggunakan brosur.

Brosur tersebut menjelaskan tentang pengertian NIB dengan sistem OSS, dasar hukum NIB, manfaat NIB dan juga petunjuk pembuatan NIB melalui OSS. “Selanjutnya, kami akan membantu pendirian bank investasi nasional bagi UKM yang berminat,” ujarnya.

Dikatakannya, melalui pamflet yang dibagikan diharapkan para pelaku UMKM memahami dan memfasilitasi pengembangan NIB melalui lembar OSS beserta pedoman yang diberikan. Juga kesempatan berbagi pengalaman dengan para pelaku UMKM Desa Jungke lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours