Temuan 60 Anak Terapi Gagal Ginjal, Menkes Bakal Panggil RSCM

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Menkes) mengumumkan akan menyelenggarakan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Hal ini berkorelasi dengan hasil penelitian terhadap 60 anak yang dirawat karena gagal ginjal.

Budi Gunadi mengatakan, kasus tersebut sudah berlangsung lama, namun baru diketahui belakangan.

Budi Gunadi kepada wartawan, Selasa, mengatakan, “Jadi lonjakan jumlah pasien di rumah sakit secara tiba-tiba itu bukan karena kejadian luar biasa, tapi karena sebelumnya tidak terdeteksi. Sekarang sebaiknya jika terdeteksi, masyarakat bisa mendeteksinya sejak dini. .” 8 Agustus 2024).

Ia mengatakan, petugas kesehatan di pusat pelayanan kesehatan masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan skala besar terhadap semua orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

“Itu berarti 200 juta pemeriksaan, lebih dari 60 juta orang, dan Anda dapat melihat banyak anak yang memiliki gula darah tinggi,” katanya.

“Dulu sampai sekarang belum ketahuan, jadi kalau anak punya gula darah tinggi, kemungkinan besar dia mengidap diabetes tipe 2, jadi pengobatannya harus berbeda. Nah, kami curiga itu yang terjadi di RSCM. Kalau belum belum pernah dirawat sebelumnya, karena kami tidak tahu.”

Oleh karena itu, dia menyatakan akan mengadakan RSCM setelah seorang anak didiagnosis menderita gagal ginjal. Ia yakin jika penyakit apa pun terdeteksi sedini mungkin dan diobati tepat waktu, efeknya akan lebih baik.

“Saya akan telepon teman-teman saya di RSCM. Saya kira lebih baik mereka menemukannya, yang penting orang itu bisa dicari dan ditangani lebih cepat dan saya akan bicara ke RSCM soal itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Pusat Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta memastikan ada 60 anak yang mendapat perawatan gagal ginjal di RSCM.

Saat ini, ada sekitar 60 anak yang mendapat perawatan gagal ginjal di Rumah Sakit Rujukan Ginjal Anak RSUPN Cipto Mangunkusumo, kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya, Sabtu (3/8/2024).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours